Perjuangan Masyarakat Lampung Timur untuk Kabupaten Baru: Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting?

Perjuangan Masyarakat Lampung Timur untuk Kabupaten Baru: Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting?

Perjuangan Masyarakat Lampung Timur untuk Kabupaten Baru: Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting?.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LAMPUNG, PALPOS.ID - Perjuangan Masyarakat Lampung Timur untuk Kabupaten Baru: Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting?.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat Lampung Timur telah aktif memperjuangkan pemekaran wilayahnya menjadi kabupaten otonomi baru. 

 

Dua opsi nama kabupaten baru telah muncul, yaitu Kabupaten Lampung Tenggara dan Kabupaten Melinting. Meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku, semangat dan tekad warga serta tokoh masyarakat setempat untuk mendapatkan kabupaten baru tidak pernah pudar. 

 

Sebanyak 12 kecamatan di Lampung Timur telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Lampung Tenggara. Kali ini kita akan mengulik lebih dalam mengenai perjuangan ini serta merinci argumen yang mendasari pembentukan kabupaten baru ini.

 

BACA JUGA:Provinsi Lampung: Keindahan Alam dan Prestasi Luar Biasa yang Menakjubkan

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung: Menuju Terbentuknya Kota Natar yang Baru

 

Dimana, Kabupaten Lampung Timur memiliki luas wilayah yang sangat besar, mencapai 5.325 kilometer persegi, dengan 24 kecamatan dan 264 desa. 

 

Jumlah penduduknya mencapai 1.101.977 jiwa menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2023. Semakin berkembangnya wilayah ini, masyarakat merasa bahwa pemekaran wilayah menjadi kebutuhan mendesak untuk memastikan pelayanan birokrasi pemerintahan yang efisien, pemerataan pembangunan, dan mengatasi masalah pengangguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: