Wacana Pemekaran Wilayah: Aspirasi dan Tantangan Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Musi Banyuasin, Sumsel

Wacana Pemekaran Wilayah: Aspirasi dan Tantangan Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Musi Banyuasin, Sumsel

Usulan Pembentukan Otonomi Baru Kabupaten Musi Ilir Pemekaran Muba Provinsi Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Wacana Pemekaran Wilayah: Aspirasi dan Tantangan Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

 

Pemekaran wilayah atau pemekaran daerah telah menjadi topik yang ramai diperbincangkan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Selatan. 

 

Salah satu daerah yang menjadi sorotan adalah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Kali ini kita akan mengulik secara mendalam tentang usulan pemekaran wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, termasuk rencana pembentukan tiga kabupaten baru: Kabupaten Muba Timur, Kabupaten Musi Ilir, dan Kabupaten Musi Ilir Utara.

 

Dimana, Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu kabupaten yang memiliki luas wilayah yang sangat besar, mencapai 14.266 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 638.625 jiwa menurut sensus penduduk BPS tahun 2019. 

 

BACA JUGA:Provinsi Sumatera Selatan: Keajaiban Ekonomi dan Keberagaman Budaya

BACA JUGA:Eksplorasi Kekayaan Budaya Suku Bangsa di Provinsi Sumatera Selatan: Kisah Menarik dari Batang Hari Sembilan

 

Melihat potensi dan kebutuhan masyarakat, muncul wacana pemekaran wilayah untuk mempercepat pembangunan, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

 

Kabupaten Muba Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: