Sejarah Panjang dan Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah

Sejarah Panjang dan Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah

Sejarah Panjang dan Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Di tengah penjajahan, suku Dayak tetap mempertahankan identitas dan pada tahun 1945, Persatuan Dayak dibentuk. Namun, pada tahun 1959, Persatuan Dayak bergabung dengan PNI dan Partindo, dan akhirnya melebur menjadi IPKI.

Pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah

Sejak terbentuknya Provinsi Administratif Kalimantan tahun 1950, aspirasi masyarakat untuk membentuk Provinsi Kalimantan Tengah muncul terbuka. 

Pada tahun 1952, keinginan ini terus disuarakan melalui pernyataan mosi dan resolusi, baik dari partai politik maupun organisasi sosial.

BACA JUGA:Tantangan Kemiskinan di Provinsi Kalimantan Tengah: Analisis Mendalam 4 Daerah Penduduk Miskin Terbanyak

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah: Terwujudnya Kabupaten Kotawaringin Utara

Meskipun pemerintah pusat mengesahkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1956 untuk membentuk tiga provinsi lainnya, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah akan dibentuk sebagai provinsi otonom dalam tiga tahun.

Pada Desember 1956, Kongres Rakyat Kalimantan Tengah di Banjarmasin menghasilkan resolusi yang mendesak pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah. 

Pada 28 Desember 1956, Menteri Dalam Negeri RI menetapkan pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah, dengan Palangka Raya sebagai ibu kotanya.

Sejak itu, provinsi ini mengalami perkembangan signifikan, dengan pembentukan kabupaten baru dan pemindahan pemerintahan ke Palangka Raya pada 1 Januari 1960.

BACA JUGA:Eksepsi Penasehat Hukum Eddy Ganefo Ditolak, Sidang Lanjutkan Pemeriksaan Saksi

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Wilayah Jawa Timur: Membentuk Calon Daerah Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah: Terwujudnya Kabupaten Kotawaringin Utara.

Provinsi Kalimantan Tengah berada dalam fase yang menarik dengan rencana pemekaran wilayah atau pemekaran daerah yang akan segera terlaksana. 

Salah satu inisiatif yang paling mencolok adalah pemekaran Kabupaten Kotawaringin Timur untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) yang diberi nama Kabupaten Kotawaringin Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: