8 Rekomendasi Obat Batuk Yang Bisa Didapatkan Dari Dapur

8 Rekomendasi Obat Batuk Yang Bisa Didapatkan Dari Dapur

8 Rekomendasi Obat Batuk Yang Bisa Didapatkan Dari Dapur-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Manfaat ini diperoleh dari kandungan menthol pada mint yag bersifat sebagai analgesik, yakni pereda nyeri tenggorokan saat batuk.

Daun mint juga menimbulkan sensasi dingin yang dapat melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokan dalam kondisi gatal akibat batuk.

Caranya: masukkan beberapa lembar daun mint yang sudah dicuci bersih ke dalam air hangat, kemudian diamkan selama beberapa menit, lalu diminum secara rutin untuk memperoleh manfaat secara optimal.

3. Jahe

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai obat tradisional. Jahe juga disebut dapat meredakan batuk secara alami karena memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, serta antivirus. Obat batuk berdahak alami ini juga mengandung zat analgesik (pereda nyeri). 

BACA JUGA:Pahami Warisan Genetik dan Tips Nengelola Nutrisi Untuk Kesehatan Kucing, Begini Caranya!

BACA JUGA:Buah Kelapa Dapat Mendukung Fungsi Otak Dan Kesehatan Jantung

Caranya, seduh jahe yang sudah dibersihkan dengan air hangat menggunakan air putih, teh, atau susu. 

Sensasi hangat tersebut akan membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan serta melemaskan otot-otot tenggorokan yang menegang, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan akibat batuk.

4. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang ampuh untuk melawan zat, partikel, atau benda asing penyebab infeksi pada saluran pernapasan, sehingga bisa mengatasi batuk berdahak maupun batuk kering.

Kunyit dapat dikonsumsi sebagai obat batuk alami dengan cara menghancurkan dan menghaluskannya hingga menjadi bubuk, lalu campurkan dengan susu hangat. Bisa juga mencampurnya dengan garam dan teh untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan. 

BACA JUGA:Klinik Pratama PTPN VII Palembang Resmi Ikuti Proses Akreditasi: Menuju Pelayanan Kesehatan Berkualitas

BACA JUGA:12 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Asma

Sebaiknya, hindari minum air putih setelah mengonsumsi obat herbal, karena air putih dapat menghalangi mekanisme kerja senyawa antiinflamasi yang ada pada kunyit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: