8 Rekomendasi Obat Batuk Yang Bisa Didapatkan Dari Dapur

8 Rekomendasi Obat Batuk Yang Bisa Didapatkan Dari Dapur

8 Rekomendasi Obat Batuk Yang Bisa Didapatkan Dari Dapur-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

5. Madu

Madu memiliki efek antioksidan, antiinflamasi dan demulcent. Kandungan demulcent berfungsi sebagai penenang dan pelindung tenggorokan dari iritasi/peradangan dengan cara membentuk lapisan pelindung di mukosa atau selaput lendir.

Madu juga mengandung zat analgesik yang dapat membantu meredakan rasa  nyeri pada tenggorokan saat batuk kering maupun batuk berdahak.

Caranya cukup dengan mengonsumsi  satu sendok madu secara langsung. Bisa juga dengan cara menambahkan madu pada teh hangat atau perasan air lemon untuk meningkatkan efektivitasnya dalam mengobati batuk kering atau batuk berdahak.

BACA JUGA:6 Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kecantikan

BACA JUGA:KSP Sahabat Mitra Sejati, Sampoerna Agro dan Bank Sampoerna Serahkan Alat Kesehatan dan Sembako

Pengobatan ini tidak disarankan untuk anak-anak yang berusia kurang dari 1 tahun karena dikhawatirkan terjadinya penyakit infant botulism yang dapat menyebabkan kematian pada anak  akibat kelemahan otot pernapasan. 

6. Lemon

Lemon juga bermanfaat sebagai obat batuk alami. Lemon diketahui mampu mengurangi peradangan di tenggorokan dan mencukupi kebutuhan vitamin C. 

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehinga dipercaya lebih kuat dalam menangani infeksi  saluran pernapasan yang menyebabkan batuk.

Untuk dijadikan sebagai obat batuk, lemon dikonsumsi denga cara mencampurkan 1 sendok teh perasan lemon dan 1 sendok teh madu. Konsumsi obat herbal ini beberapa kali dalam sehari dan lakukan secara rutin hingga gejala batuk mereda.

7. Akar Licorice

Akar licorice menjadi pilihan obat herbal dalam mengatasi radang tengorokan. Tumbuhan herbal ini juga bisa digunakan sebagai obat batuk alami terutama untuk pengobatan batuk berdahak dan batuk akibat alergi.

Dalam  International Journal of Herbal Medicine disebutkan, akar licorice efektif dalam perawatan batuk karena mengandung ekspektoran dan demulcent. 

Ekspektoran diketahui mampu membantu  mengencerkan dahak, sehingga dahak lebih mudah keluar saat batuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: