Daun Sirih Cina Dapat Mengatasi Tekanan Darah Dan Asam Urat

Daun Sirih Cina Dapat Mengatasi Tekanan Darah Dan Asam Urat

Daun Sirih Cina Dapat Mengatasi Tekanan Darah Dan Asam Urat-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Daun sirih cina (peperomia pellucida) banyak mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, alkaloid, saponin, terpenoid, steroid, glikosida, dan triterpenoid. 

Manfaat daun sirih cina

1. Mengatasi sakit kepala

Daun sirih cina dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala. Daun sirih cina memiliki efek analgesik yang dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh, termasuk juga sakit kepala.

2. Menurunkan demam

Daun sirih cina juga dapat menurunkan demam. Berdasarkan hasil penelitian, adaanya efek antipiretik dari kombinasi ekstrak daun sirih cina dengan green chiretta yang mirip dengan parasetamol. 

3. Meredakan diare

Daun sirih cina juga dipecaya dapat digunakan untuk mengatasi diare. Hal itu dikarenakan adanya kandungan yang bersifat antioksidan sekaligus memiliki aktivitas antidiare.

BACA JUGA:Kesehatan Fisik dan Mental yang Didapat dari Aktivitas Berkemah

BACA JUGA:Amazing, Pucuk Kacang Panjang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang hingga Kecantikan Kulit

4. Mempercepat penyembuhan luka

Luka terbuka atau luka bakar ringan, dapat diatasi dengan daun sirih cina. Sifat antiradang dan antihemoragik pada tanaman herbal ini dapat mencegah serta menghentikan pendarahan. Senyawa saponin yang terdapat pada daun sirih cina bersifat antiseptik juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

5. Menghilangkan gejala penyakit mata

Daun sirih cina sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk  mengobati penyakit mata, seperti katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik. Padahal penyakit tersebut tidak dapat diobati dengan produk herbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: