Antisipasi Kriminal Wisatawan, Siapkan Posko Terpadu Keamanan di Kawasan Benteng Kuto Besak

Antisipasi Kriminal Wisatawan, Siapkan Posko Terpadu Keamanan di Kawasan Benteng Kuto Besak

Pj Walikota Palembang, H Ratu Dewa bersama Kapolrestabes Palembang Haryo Sugihartono meninjau kawasan BKB.-erika/palpos.id-

Terpisah, Kabid Tidum Satpol-PP Kota Palembang, Cheryl Panggarbesi, juga sudah mendapatkan informasi terkait penodongan sopir bus pariwisata di kawasan Monpera.

“Sudah kami tugaskan beberapa personel  untuk mencari informasi pelaku penodongan itu," katanya.

BACA JUGA:All New Honda PCX 2024 Resmi Mendarat : Lebih Agresif, Mesin 175cc, Desain Futuristik, dan Fitur Canggih !

Dia mengklaim, Satpol-PP Kota Palembang banyak berjaga di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB ). Sekitar UPT DLH, dekat musala BKB.

“Kalau Monpera merupakan aset pemerintah provinsi.  Sehingga untuk area Monpera, tidak masuk dalam pengawasan Satpol-PP kota," tukasnya.

Sementara Pol-PP Pariwisata, lanjut Cheryl, tugasnya bukan menjaga tempat wisata setiap hari. Tapi tugas dari Pol-PP Pariwisata, penjagaan atau pengamanan saat acara yang dihadiri tamu-tamu undangan.

BACA JUGA:Review Lengkap Oppo Reno8 T 5G : Desain Mewah, Layar Lengkung, Kamera 108 MP, Harga 6 Jutaan !

Menurutnya, yang menjaga BKB adalah Patroli Pol-PP. “Mereka patroli mobile di kawasan BKB mulai dari gate masuk depan Riverside,  dermaga Tugu Belido, pelataran dan panggung BKB, museum, dan Kantor Dinas Kebudayaan Kota Palembang," urai Cheryl.

Diakui, kawasan BKB sendiri sudah sering terjadi tindakan kriminal. Seperti penodongan dan pemalakan, yang bahkan pelaku menggunakan sajam atau senpi.

Harapan kami kawasan ini juga dapat mendapat perhatian dari pihak kepolisian, khususnya polsek setempat untuk sinergi dengan patroli bersama,” tukasnya.

BACA JUGA:Yuk Simak ! 4 Manfaat Luar Biasa Daun Kumis Kucing,Nomor 1 dapat Cegah Darah Tinggi

Harapannya, tindakan kriminal tidak terjadi lagi. Apalagi terhadap rombongan wisatawan.

"Tindakan represif yang dapat dilakukan anggota Pol-PP sangat terbatas. Karena Pol-PP tidak memiliki alat perlindungan diri. Di samping itu, penindakan kriminal sudah menjadi ranah pihak kepolisian," tandasnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: