Pemda Muara Enim Dorong Sinergitas Keberhasilan Survei Seismik

Pemda Muara Enim Dorong Sinergitas Keberhasilan Survei Seismik

Pertamina EP sosialisasi Survei Seismik 2D Amalia, 2D Amalia Extention dan 3D Idaman di The Melio Enim Hotel.-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Sinergitas Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim dan SKK Migas-Pertamina EP demi mewujudkan ketahanan energi nasional dan merealisasikan produksi minyak 1 juta barel per hari, terlaksana pada acara ramah-tamah dan gelaran Sosialisasi Survei Seismik 2D Amalia, 2D Amalia Extention dan 3D Idaman di The Melio Enim Hotel, pada Kamis (21/13).

Forkopimda Kabupaten Muara Enim, OPD, Forkopimcam Lawang Kidul, Tanjung Agung, Panang Enim, Lubai Ulu, Semendo Darat Laut dan Empat Petulai Dangku beserta para perwakilan dari perusahaan BUMN, BUMS yang menghadiri acara Sosialisasi Tingkat Kabupaten Survei Seismik 2D Amalia, 2D Amalia Extention dan 3D Idaman.

Survei Seismik 2D Amalia, 2D Amalia Extention dan 3D Idaman merupakan survei tahap awal, secara sederhana survei ini seperti rontgen atau ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi di dalam tubuh manusia, namun yang membedakan jika rontgen atau USG pasiennya yang datang ke rumah sakit.

Sedangkan dalam survei ini petugasnya yang datang ke wilayah-wilayah tersebut untuk memotret lapisan bawah permukaan bumi. Daerah yang disurvei merupakan daerah yang beruntung karena tidak semua daerah bisa mendapatkan kesempatan dilewati survei ini.

BACA JUGA:Bawaslu Tertibkan APK Melanggar

BACA JUGA:Polres Muara Enim Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2023

Adapun tahapan pelaksanaan survei diawali dengan perizinan, kemudian sosialisasi tingkat kabupaten, sosialisasi tingkat kecamatan, topografi (pengukuran lintasan), penyiapan lintasan, pendataan lahan yang dilewati survei, sosialisasi desa, pengeboran dangkal, penanaman sumber getar, pendataan fisik bangunan, perekaman, setelah itu perbaikan fisik bangunan dan kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan diakhiri dengan penutupan, pada tahap ini belum terdapat pembebasan atau pengalihfungsian lahan.

Bupati Muara Enim H Ahmad Rizali yang diwakili oleh Asisten I Drs H Emran Tabrani MSi, mengatakan camat beserta forkopimcam lainnya diharapkan berperan aktifnya agar survei seismik ini berjalan dengan lancar dan sukses, agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa segera diatasi.

"Mari bersama-sama mendorong kolaborasi berbagai pihak demi keberhasilan survei seismik 2D Amalia, 2D Amalia Extenrion dan 3D Idaman. Selain itu diharapkan peran aktif camat dan kepala desa agar berjalan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Muara Enim Anjasra Karya SH MH, menambahkan survei seismik ini nantinya dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi daerah maupun nasional.

BACA JUGA:Proyek Panas Bumi Terbesar di Sumatera Selatan, Pertamina Geothermal Energy Genjot Kapasitas Energi Bersih

BACA JUGA:Sempat Diklaim PTBA, Akhirnya MA Kembalikan Tanah Romili

Tentunya, sinergitas dan dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan Survei Seismik 2D Amalia dan 2D Amalia Extention.

Pertamina EP dan Elnusa sebagai pelaksananya, kata dia, agar dapat menjalankan dengan baik proses panjang untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional yang merupakan amanah negara melalui tahapan program survei seismik, sehingga menjadi pemantik pertumbuhan daerah dan nasional serta memberi manfaat kepada masyarakat di masa yang akan datang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: