Peta Baru Jawa Barat ? Inilah Rencana Pemekaran Provinsi Cirebon Raya yang Kembali Menggelinding !

Peta Baru Jawa Barat ? Inilah Rencana Pemekaran Provinsi Cirebon Raya yang Kembali Menggelinding !

--

Pemekaran wilayah menjadi perdebatan politik yang kompleks, namun masyarakat Jawa Barat dapat melihatnya sebagai potensi perubahan positif.

Mungkin saja, dalam beberapa tahun ke depan, peta administratif Jawa Barat akan berubah, menciptakan entitas baru yang mampu mengakomodasi perkembangan dan kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Namun yang pasti sampai saat ini, pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran daerah.

Tetapi, asa untuk menjadi daerah otonomi baru masih terbuka lebar, dengan cukup syarat sebagai daerah otonomi baru.

Sebelumnya, wacana pemekaran daerah di Indonesia kembali mencuat dengan deklarasi usulan calon otonomi daerah baru (CODB) yang menandai langkah awal menuju Provinsi Cirebon Raya.

Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C), yang diklaim terdiri dari akademisi dan tokoh masyarakat, menggelar deklarasi penting ini di Hotel Prima Cirebon pada Senin, 27 September 2021.

Meskipun berlangsung secara luring, kegiatan tersebut juga disiarkan secara daring melalui akun YouTube Provinsi Cirebon Raya.

Ini memberikan akses kepada masyarakat luas untuk menyimak pidato-pidato dan argumen dari sejumlah tokoh yang terlibat dalam inisiatif pemisahan wilayah ini.

Pidato-pidato tersebut mencakup representasi dari tokoh-tokoh penting di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Sebuah catatan menarik dalam deklarasi ini adalah kehadiran Anggota DPR RI Maman Imanulhaq.

Kehadiran seorang wakil rakyat di acara tersebut menandakan bahwa wacana pemekaran Provinsi Cirebon Raya mendapatkan perhatian di tingkat nasional.

Hotel Prima Cirebon menjadi saksi sejarah deklarasi ini, menjadi tempat di mana para inisiator dan pendukungnya berkumpul untuk menyuarakan keinginan pemisahan dari Provinsi Jawa Barat.

Keterlibatan tokoh-tokoh dari berbagai daerah di sekitar Cirebon menunjukkan bahwa aspirasi ini memiliki dukungan lintas wilayah.

Walaupun masih dalam wacana, deklarasi ini memberikan momentum baru bagi perbincangan mengenai pemekaran wilayah di Jawa Barat.

Apakah ini akan menjadi kenyataan atau tetap berada dalam ranah wacana, masih perlu diperhatikan dalam perkembangan selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: