8 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Sereh Bagi Kesehatan Tubuh.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Rempah-rempah tidak hanya memberikan rasa lezat pada masakan, tetapi juga bermanfaat bagi Kesehatan. Salah satunya adalah sereh

Daun sereh, memiliki aroma lemon yang segar. Sereh memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mulai dari pencernaan hingga kesehatan jantung.

Salah satu manfaat yang paling dikenal dari daun sereh adalah kemampuannya sebagai pengusir nyamuk. Senyawa kimia seperti citronellal, geranial, dan neral yang terkandung dalam sereh menghasilkan aroma yang menyegarkan bagi manusia, tetapi  tidak disukai oleh nyamuk. 

Sereh bukan hanya memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk tetapi juga menjadi alternatif yang ramah lingkungan. Daun sereh memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Mengungkap 9 Manfaat Luar Biasa Batang Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:7 Manfaat Ikan Asin Bagi Kesehatan, Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat sereh bagi kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sereh juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Daun sereh bertindak sebagai diuretik alami, membantu meredakan masalah pencernaan seperti mual, sembelit, dan kembung. 

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists menyatakan bahwa mengonsumsi sereh dalam bentuk teh atau minuman herbal, dapat membantu menurunkan risiko tukak lambung.

2. Menurunkan berat badan

Sereh juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh menjadikannya komponen yang penting dalam program penurunan berat badan. 

Senyawa polifenol dan kafein yang terdapat dalam sereh tidak hanya meningkatkan pengeluaran energi, tetapi juga mendukung oksidasi lemak, serta membantu proses penurunan berat badan.

BACA JUGA:Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: