Longsor, Dinding Dapur Retak

Longsor, Dinding Dapur Retak

Tingginya curah hujan dan debit air yang tinggi di Sungai Enim membuat kawasan bantaran sungai di daerah tungkal mengalami longsor.-Foto : Febi/Palpos-

MUARA ENIM,PALPOS.ID - Tingginya curah hujan dan debit air yang tinggi di Sungai Enim membuat kawasan bantaran sungai di daerah tungkal mengalami longsor. Akibatnya empat rumah warga terdampak, satu diantaranya retak di bagian dapur.

Warga Tungkal, Heri Syarifudin mengatakan  bahwa rumahnya yang ada di bantaran Sungai Enim mengalami longsor. "Kejadianya swkitar tiga hari yang lalu, Minggu (7/1) itu sore hari," ujarnya kepada awak media, Selasa (9/1).

Lanjutnya, longsor tersebut akibat debit air Sungai Enim yang tinggi dan deras karena musim penghujan. "Karena deras ini jadi tanah retak, begerak dan beronjong juga rusak karena longsor ini," terangnya.

Menurutnya, halaman belakang rumahnya yang awalnya ada sekitar 3 meter saat ini tinggal 1 meter akibat longsor. "Kalau rumah alhamdulillah masih aman, cuma bagian dinding dapur ada retak-retak," ungkapnya.

BACA JUGA:Kegiatan PT BAS Dituding Penyebab Utama Banjir Besar Melanda Kebun Masyarakat Desa Pulau Panggung

BACA JUGA:PCMNU dan PACMNU Bisa Berkontribusi Membangun Daerah

Dirinya mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah terutama perbaikan beronjong mengingat kalau tidak akan semakin tergerus. "Sekarag masih musim hujan jadi kami jelas was-was " bebernya.

Palaksa BPBD Muara Enim, Abdurrozieq ST MT, mengatakan bahwa ada empat rumah yang terdampak akibat longsor di wilayah tungkal pada minggu lalu.

"Ada empat rumah dimana yang terkena rumah langsung ada satu rumah, yang lainnya hanya pekarangan," terangnya.

Untuk panjang longsor ada sekitar 25 meter dimana itu disebabkan oleh meluapnya Sungai Enim sehingga membuat arus yang lebih besar.

BACA JUGA:Pekerjaan Tidak Selesai, Vendor Diblack List

BACA JUGA:Apresiasi Personil Amankan Kamtibmas Malam Pergantian Tahun

"Untuk longsor ini sudah dicek kelapangan untuk tindakan selanjutnya karena itu beronjongnya juga rusak," bebernya.

Untuk warga diharapkan waspada, terutama yang sudah terkena dampak longsor agat bisa mengamankan harta bendanya.

"Kalau bisa sebenarnya mengungsi karena sejauh ini cukup rawan kembali terjadi longsor lantaran masih musim penghujan," tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: