Kunjungan Lapangan, Dirjen Perumahan Kemen PUPR dan PJ Wako Prabumulih Lakukan Pemasangan Peneng RITTA

Kunjungan Lapangan, Dirjen Perumahan Kemen PUPR dan PJ Wako Prabumulih Lakukan Pemasangan Peneng RITTA

Kunjungan Lapangan ke Prabumulih, Dirjen Perumahan Kemen PUPR dan PJ Wako Prabumulih Lakukan Pemasangan Peneng RITTA-Foto : Prabu/Palpos-

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, melakukan kunjungan lapangan meninjau Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih, pada Rabu 10 Januari 2024.

Kehadiran Dirjen Perumahan Kemen PUPR beserta rombongan ini, disambut langsung Penjabat (Pj) Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, beserta jajaran.

Dalam kunjungan lapangan tersebut, dilakukan pemasangan peneng RITTA dan pemasangan peneng Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan baut topping Off.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan rumah untuk masyarakat di sektor informal menjadi salah satu target Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengatasi masalah perumahan di Indonesia.

BACA JUGA:5 Komisioner KPU Prabumulih Resmi Dilantik, Ketua DPRD : Jalankan Tugas Pokok dan Fungsi Dengan Profesional

BACA JUGA:Sulit Didapat, Elpiji 3 KG di Prabumulih Harganya Tembus Rp35.000

Salah satu Upaya yang dilakukan pemerintah, Kementerian PUPR melaksanakan pilot project Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) serta berupaya meningkatkan kolaborasi dengan berbagai mitra kerja seperti Pemerintah daerah serta kepedulian sosial sektor swasta melalui penyaluran corporate social responsibility (CSR) di bidang perumahan.

"Program ini juga menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi backlog perumahan di Indonesia," ujar Iwan Suprijanto.

Dijelaskannya pula, rumah inti tumbuh tahan gempa tersebut diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) seperti komunitas pemulung, disabilitas, kuli panggul, sol sepatu dan tukang becak yang ada di Kota Prabumulih.

“Pembangunan RITTA di Kota Prabumulih ini, mendapatkan dukungan serta berkolaborasi dengan Pemkot Prabumulih untuk penyediaan lahan, pemerintah provinsi yang membangun jalan poros,” ungkapnya sembari mengatakan pihaknya juga mendapatkan dukungan Bank Tabungan Negara (BTN), PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI).

BACA JUGA:Terbaru! Pengendalian Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Inflasi & Stunting Prabumulih Dipantau Melalui Android

BACA JUGA:Resmikan Outlet Astra Daihatsu Prabumulih, Pj Wako Minta Tenaga Kerja Lokal Diberdayakan

Dibeberkannya, rumah yang akan dibangun sebanyak 100 unit dengan pembangunan tahap I sebanyak 40 unit yang dibangun dari CSR PT SMF 30 unit dan PT BSI 10 unit. 

“Untuk tahap dua sebanyak 60 unit dari PT BTN dan juga cat rumah dari PT Mowilex dan bantuan semen dari PT Semen Baturaja,” tuturnya seraya mengatakan pihaknya juga melaksanakan pembangunan jalan lingkungan di kawasan perumahan RITTA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: