Percepatan Penurunan Stunting, 7 Tugas Ini yang Menjadi Fokus Satgas di Lubuklinggau

Percepatan Penurunan Stunting, 7 Tugas Ini yang Menjadi Fokus Satgas di Lubuklinggau

Satgas stunting melaporkan kegiatan yang akan dikoordinasikankan dengan OPD terkait keapada Sekda Lubuklinggau. Foto Ist--

"Setelah itu tim pakar mengindentifikasi hasil kerta kerja tersebut untuk diagnosis," ujarnya.

Ketiga lanjut Jamil, mini lokakarya  ditingkat Kecamatan.

BACA JUGA:Truk Tabrak Tiang Listrik, Ribuan Pelanggan PLN di Lubuklinggau Terdampak LlIsrik Padam

BACA JUGA:9 Anggota Polres Lubuklinggau Melakukan Pelanggaran, Ini Sanksi Yang Dijatuhkan

Tujuan dilakukan mini lokakarya stunting yaitu untuk menggali permasalahan terkait stunting di wilayah kerja kecamatan masing-masing, serta mencari solusi dan juga mengkomunikasikan program-program dan kegiatan yang sedang dan akan dilakukan terkait permasalahan stunting. 

Keempat konvergensi atau Rembuk Stunting merupakan langkah penting yang dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD (Organisasi Perangkat Daerah) penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.

"Insya Allah dalam waktu dekat, bulan ini setelah berkordinasi dengan pihak TPPS dan dinkes akan dilakukan interpensi makanan tambahan oleh bapak asuh di setiap OPD" katanya.

Kemudian kelima Elsimil (aplikasi elketronik siap nikah dan hamil), manfaat Elsimil  alat screening untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin, terus Menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping dan media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil terutama yang terkait dengan faktor risiko stunting.

BACA JUGA:9 Anggota Polres Lubuklinggau Melakukan Pelanggaran, Ini Sanksi Yang Dijatuhkan

BACA JUGA:Malam Pergantian Tahun Masyarakat Diminta Jaga Kantibmas, Kapolres Akan Lakukan Hal Ini...

Keenam pemberian makanan tambahan (PMT) kepada terdampak anak stunting berupa susu,telur, ayam dan sebagainya.  

Terakhir pembentukan bapak asuh stunting. "Alhamdulillah, untuk Kota Lubuklinggau bapak asuh sudah berjalan bahkan sudah ada keputusan Pejabat (Pj) Walikota dengan nomor 417/kpts/DPPKB/2023 bahwasanya seluruh OPD terlibat dalam bapak asuh stunting untuk membantu pencegahan penurunan stunting," pungkasnya. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: