PIALA ASIA 2023: Begini Kata STY Setelah Gol Joel Kojo Buka Pintu Skuad Garuda Lolos ke Babak Gugur

PIALA ASIA 2023: Begini Kata STY Setelah Gol Joel Kojo Buka Pintu Skuad Garuda Lolos ke Babak Gugur

Sandy Walsh mencetak satu gol saat Timnas Indonesia kalah dari Jepang 1-3 di laga terakhir penyisihan Grup D Piala Asia 2023.-Foto: Istimewa-

DOHA, PALPOS.ID - Timnas Indonesia menciptakan sejarah baru dalam dunia sepak bola setelah berhasil melangkah ke babak gugur Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya. 

Prestasi luar biasa ini terwujud setelah pertandingan dramatis di Grup F Piala Asia 2023, di mana striker naturalisasi Joel Kojo menjadi pahlawan dengan menghindarkan Kirgistan dari kekalahan ketiga.

Pertandingan penentu di Grup F antara Kirgistan dan Oman berakhir dengan skor imbang 1-1 pada Kamis (25/1/2024), menjadi kunci bagi keberhasilan Indonesia melaju ke babak gugur. 

Joel Kojo, dengan performa cemerlangnya, tidak hanya mengamankan hasil imbang melawan Kirgistan tetapi juga membuka pintu bagi skuad Garuda untuk melangkah ke fase berikutnya.

BACA JUGA:Hasil Piala Asia 2023: Jepang Dominan, Indonesia Takluk 1-3 di Laga Terakhir Grup D

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya atas pencapaian ini. 

"Kami sangat bersyukur, hari ini saya sangat happy. Terima kasih banyak," ungkap Shin dalam pesan resmi PSSI di Doha, Kamis malam. 

Keberhasilannya mengantarkan Skuad Garuda ke babak 16 besar menjadi puncak dari upaya keras empat tim peringkat tiga terbaik di fase penyisihan grup.

Meski menelan dua kekalahan dari laga kontra Irak dan Jepang, Indonesia berhasil melangkah ke fase gugur berbekal tiga poin dari kemenangan tunggal atas Vietnam. 

BACA JUGA:Piala Asia 2023: Indonesia Bungkam Vietnam, Asnawi Mangkualam Jadi Pahlawan

Keberuntungan juga berpihak pada Garuda, yang berada di posisi keempat dari tim peringkat ketiga terbaik, di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah yang kompak mengantongi empat poin.

"Walaupun kita satu kali menang dan dua kali kalah, tapi para pemain bekerja keras di setiap pertandingan. Itu mungkin yang mempengaruhi hasil saat ini," kata Shin. 

Penghargaan khusus diberikan kepada Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya yang menunjukkan dedikasi dan kerja keras dalam setiap pertandingan.

"Tanpa kerja keras mungkin Yang di Atas tidak memberikan kesempatan seperti ini. Tuhan tahu bagaimana kerja keras kita untuk ke 16 besar," tambah Shin, mencerminkan rasa syukur dan penghargaan terhadap upaya kolektif tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: