Teddy Resmikan Gedung Dekranasda OKU

Teddy Resmikan Gedung Dekranasda OKU

Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah saat meresmikan gedung Dekranasda di wilayahnya. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H Teddy Meilwansyah, meresmikan Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selasa 30 Januari 2024.

Acara peresmian yang digelar di Baturaja ini turut dihadiri Ketua TP-PKK OKU yang juga Ketua Dekranasda OKU Hj Zwesti Karenia Teddy, Sekretaris Dekranasda Provinsi Sumsel Yani Laili, serta pimpinan BUMD dan BUMN.

Dalam sambutannya, Teddy mengaku sangat bangga atas berdirinya gedung Dekranasda yang akan sangat bermanfaat bagi dunia usaha lokal di OKU.

“Seperti batu akik asli OKU, para pelaku pengerajin batu akik contohnya. Jadi akan diberi tempat khusus disini untuk memamerkan termasuk bagaimana mereka membuat batu yang masih bentuk bongkahan. Namun nantinya bisa dilihat prosesnya, pengolahanya menjadi berbagai kerajinan yang cantik dan unik. Sehingga bisa diterima oleh masyarakat OKU maupun Indonesia,” harap Teddy.

Sementara itu, Ketua Dekranasda OKU Zwesti Karenia Teddy mengungkapkan berdirinya Dekranasda OKU ini tidak lain untuk menjadikan satu para pengerajin yang ada di Kabupaten berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang.

“Tidak lain tidak bukan untuk merangkul menjadi satu para pengerajin baik makanan dan pengerajin oleh-oleh di OKU. Jadi bagi pelancong yang ingin mencari oleh-oleh kesini saja, semua lengkap,” jelas istri Pj Bupati OKU ini.

Selain itu diungkapkan Zwesti, terbentuknya Dekranasda ini bisa menjadi sarana edukasi khususnya para generasi muda dan memberi tahu bahwa OKU banyak terdapat pengerajin yang bisa menjadi peluang memperkenalkan OKU ke dunia luar.

“Lebih memudahkan mengedukasi remaja yang ada di OKU untuk lebih mengenal lagi bahwa di OKU banyak sekali aneka kerajinan. Supaya anak anak kita dapat lebih mengenal lagi kerajinan di OKU ini,” terangnya.

BACA JUGA:Pemkab OKU Dapat DBH Kelapa Sawit Sebesar Rp10 Miliar

BACA JUGA:Pemkab OKU Akan Lakukan Fogging Massal

Tak hanya itu, Zwesti juga melakukan trobosan untuk PKK dengan membuat toko PKK yang juga menjual aneka ragam makanan dan cemilan dari para pelaku usaha termasuk cemilan hasil ibu ibu PKK yang tersebar di desa dan kecamatan di OKU.

“Kalau toko PKK khususnya yang ada di Kecamatan dapat memasarkan dan dapat membantu para ibu ibu yang ada di desa desa memasarkan produk P2K nya umumnya hasil dari yang mereka tanam di desa untuk dipasarkan agar dapat membantu perekonomian di desa,” jelas Zwesti.

Sementara itu Sekretaris Dekranasda Sumsel Yani Laili sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Dekranasda OKU dan TP PKK nya dalam meningkatkan kerajinan daerah.

“Sangat mengapresiasi sekali berdirinya galeri Dekranasda OKU dan tempatnya juga sangat strategis dan kemudian disamping kerajinan terdapat toko PKK. Karena antara Dekranasda dan PKK tidak dapat terpisahkan ini sangat bagus saya sangat mengapresiasi,”ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: