Potret Perubahan Komposisi Anggota DPRD OI Pasca-Pemilu 2024, Partai Gerindra Mendominasi

Potret Perubahan Komposisi Anggota DPRD OI Pasca-Pemilu 2024, Partai Gerindra Mendominasi

Gedung DPRD Ogan Ilir--Foto: Istimewa

Selanjutnya Hipni (PDIP) serta yang dari PKS yakni  Eko Satria Asnan, Sayuti, dan Muhammad Ilham.

"Sejumlah nama tenar dan dikenal sebagai intelektual di DPRD OI seperti Afrizal (Nasdem), dan Endang PU (Golkar), diprediksi tidak lagi terpilih, sementara Rahmadi Jakfar dari PBB masih teka teki akan bertahan atau tidak," ucapnya. 

BACA JUGA:Dapat Suara Terbanyak, Segini Gaji dan Tunjangan yang Diterima Ratu Tenny Leriva Jika Lolos Jadi Anggota DPD

BACA JUGA:Matahari Pagi Sumsel Mengapresiasi Kinerja TKD Sumsel dalam Proses Pilpres 2024

Sedangkan jika dilihat dari perolehan kursi, katanya diprediksi Gerindra akan mendapatkan 10 - 12 kursi, dari sebelumnya hanya 1 kursi. PDIP (6 kursi, berkurang 1 kursi), dan Nasdem (5 kursi). Diperkirakan ketiga parpol ini akan menempatkan orangnya sebagai pimpinan dewan. 

Kemudian Golkar 1 kursi dari sebelumnya 8 kursi, PPP (3 kursi, sebelumnya 4 kursi), PAN (2 kursi, sebelumnya 4 kursi). Selanjutnya PD (2 kursi), PKB (2 kursi), Hanura (2 kursi), dan PKS (3 - 5 kursi, sebelumnya hanya 1 kursi). Sedangkan PBB masih berjuang di kursi terakhir di Dapil 4. Sementara Perindo kelihatannya akan kehilangan kursi, dari sebelumnya 2 kursi.

Dengan demikian parpol yang diperkirakan memiliki wakil di DPRD Ogan Ilir untuk masa bakti 2024 - 2029 yakni Gerindra, PDI-P, Nasdem, PKS, PPP, PAN, PKB, Hanura, dan Golkar. Sementara dari Perindo dan Berkarya akan hilang, lalu PBB masih tanda tanya. Inilah prediksi perolehan kursi dan kemungkinan para Caleg yang akan terpilih duduk di DPRD OI. Tapi hasil resmi mari kita tunggu penetapan oleh KPUD OI. (sro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: