Potret Perubahan Komposisi Anggota DPRD OI Pasca-Pemilu 2024, Partai Gerindra Mendominasi

Potret Perubahan Komposisi Anggota DPRD OI Pasca-Pemilu 2024, Partai Gerindra Mendominasi

Gedung DPRD Ogan Ilir--Foto: Istimewa

OGANILIR,PALPOS.ID - Diprediksi "Separo" Anggota DPRD OI Masih Wajah Lama. Kendati saat ini tahapan rekapitulasi suara Pemilu tahun 2024 masih berjalan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan akan lanjut di tingkat KPUD atau kabupaten.

Pernyataan tersebut sebagaimana di sampaikan salah seorang permerhati politik yang juga mantan Ketua DPRD Ogan Ilir 2 Priode Drs H Iklim Cahya dalam rilis tertulis. Minggu, 18 Februari 2024.

Namun katanya, berdasarkan  informasi yang dihimpun dari hasil rekapitulasi sejumlah Parpol dan Caleg, sudah didapat gambaran perkiraan hasil perolehan suara masing-masing Parpol, perolehan kursi, bahkan para Caleg terpilih yang akan duduk di DPRD Ogan Ilir (OI) periode 2024-2029.

Dari pencermatannya berdasarkan data yang didapat oleh para awak media, setidaknya dari 40 kursi DPRD OI, separonya (sebagian) masih akan diduduki wajah lama (incumbent). Bahkan diantaranya ada yang akan berlanjut masuk periode ke empat. 

BACA JUGA:Cek Fakta : Kontroversi di Media Sosial, Klaim Tidak Akurat Soal Kemenangan Pasangan Prabowo-Gibran dalam Pemi

BACA JUGA:Komisi II DPR RI Peringatkan Bawaslu Sumsel: Dugaan Kecurangan Jadi Sorotan

"Sebagai informasi anggota DPRD OI dimulai periode pertama ; 2004 - 2009, periode kedua (2009 - 2014), periode ketiga (2014 - 2019), dan periode ke empat (2019 - 2024), lalu periode ke lima tahun 2024 - 2029  akan diisi oleh mereka yang terpilih melalui Pemilu 2024 ini. Namun tidak ada anggota dewan yang duduk sejak awal hingga lanjut ke periode ke lima. Yang masih ada yang akan lanjut periode ke empat, duduk sebagai anggota dewan," ungkap Iklim yang juga selaku dewan penasehat PWI Kabupaten Ogan Ilir.

Sejumlah wajah lama, lanjutnya yang diperkirakan lanjut ke periode ke empat, yakni Wahyudi, ST (PDIP), H Sofyan HM Ali (PPP), Amir Hamzah, SH (PDIP, satu periodenya dari PKS), M Ikbal (Gerindra, sebelumnya Golkar), H Marzuki A Karim (Hanura), dan A Yadi (PPP).

Sedangkan yang diperkirakan lanjut ke periode ketiga, yakni Ahmad Syafei, S.Sos, M.Si (Nasdem), Reza Pahlevi (Nasdem), Huzaimi (Gerindra), Mulyadi Abdullah (PAN), Rizal Mustofa (Nasdem), Muhammad Ali HS (Gerindra, sebelumnya Golkar), Ahmad Basri, S.Pd, M.Si (Nasdem, sebelumnya Golkar), dan Zahruddin, SE (PPP).

"Sementara yang diprediksi akan lanjut ke periode kedua yakni Arsudin (PAN), Taufik Artama (Demokrat), Dwi Rosalina (Golkar), Safari (PDIP), dan Andika (PDIP),"katanya.

BACA JUGA:Paket Terbaru Telkomsel: Nikmati Film Lokal Favorit dengan Harga Mulai dari Rp5,5 Ribu

BACA JUGA:Minggu, KPU Kota Prabumulih Bakal Laksanakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari KPPS

Sedangkan selebihnya atau sebagian lagi akan diisi oleh wajah baru. Diprediksi mereka yang wajah baru yang akan duduk di DPRD OI, antara lain dari Partai Gerindra yakni Royatuddin, Yansori, Zulfikar, Edwin Cahya Negara, Almatiin Tyaradika, Joni Sastra, Hernawan, dan Rani Susilawati.

Kemudian ada Beni Hidayat dan A Rizki Dedi Damhudi (PKB), Thalita Safa (Demokrat), Ricco Putra Wibowo (Nasdem), serta RA Amrina Rosyada (Hanura).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: