PGN Buka Jalur Pasok Gas Bumi Industri Kaca di KIT Batang: Transformasi Energi Menuju Pertumbuhan Ekonomi

PGN Buka Jalur Pasok Gas Bumi Industri Kaca di KIT Batang: Transformasi Energi Menuju Pertumbuhan Ekonomi

PGN Buka Jalur Pasok Gas Bumi Industri Kaca di KIT Batang: Transformasi Energi Menuju Pertumbuhan Ekonomi.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BISNIS, PALPOS.ID - PGN Buka Jalur Pasok Gas Bumi Industri Kaca di KIT Batang: Transformasi Energi Menuju Pertumbuhan Ekonomi.

PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina, mengukuhkan posisinya dalam mendukung pertumbuhan industri di Indonesia dengan pasokan gas bumi ke pabrik KCC Glass Indonesia di Kawasan Industri Terpadu Batang (KIT Batang). 

Pada Jumat 16 Februari 2024, tercapai penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) antara PGN dan KCC Glass, membuka era baru bagi pengembangan industri kaca di Jawa Tengah.

Dalam upaya untuk memastikan pasokan gas bumi yang andal dan berkelanjutan, PGN telah meningkatkan infrastruktur distribusinya di kawasan industri sepanjang 5 Km dari Pipa Transmisi Cisem Tahap I. 

BACA JUGA: PGN Tbk Merambah Pasar Global dengan Suksesnya Transaksi LNG ke China!

BACA JUGA: PT PGN Tbk Memimpin Langkah Menuju Energi Bersih di Ibu Kota Negara dengan Program Jargas Rumah Tangga

Proses ini telah dimulai sejak Desember 2023, dan penyaluran gas ke KCC Glass akan terus meningkat secara bertahap.

Langkah ini sejalan dengan visi Pemerintah dalam mewujudkan akses energi melalui Pipa Cisem sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional.

Mustafid Gunawan, Direktur Pembinaan Program Migas KESDM, menekankan pentingnya peran PGN dalam menyediakan pasokan gas dan infrastruktur bagi industri kaca di KIT Batang. 

"Pemerintah memberikan dukungan penuh untuk akses energi melalui Pipa Cisem sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional. Kemudian di tengah tantangan global, peran PGN menjadi sangat krusial dalam menyediakan pasokan dan infrastruktur gas untuk KCC Glass di KIT Batang," ujar Mustafid Gunawan.

BACA JUGA: Gas untuk Generasi Mendatang: PGN dan KMJ Tandatangani MOU Pasokan LNG Domestik

BACA JUGA:PGN Tbk dan Gagas Energi Lakukan Inovasi: Pemanfaatan Bio-CNG dari Limbah Sawit Pertama Kali di Indonesia

Pasokan yang stabil dari gas bumi menjadi kunci energi bagi industri, terutama KCC Glass. 

Dengan ketersediaan pasokan gas yang dapat diandalkan dan jangka panjang, diharapkan KCC Glass dapat mendukung pertumbuhan bisnisnya dan mendorong kemajuan industri kaca di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: