Gebrakan Signifikan: Calon Provinsi Sumatera Timur Siap Pemekaran dari Sumatera Utara (Sumut)

Gebrakan Signifikan: Calon Provinsi Sumatera Timur Siap Pemekaran dari Sumatera Utara (Sumut)

Perjuangan Provinsi Sumatera Tenggara: Potret Pemekaran Sumatera Utara Ditengah Moratorium Otonomi Baru.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar YouTube Ric Snt

SUMATERA UTARA, PALPOS.ID - Gebrakan Signifikan: Calon Provinsi Sumatera Timur Siap Pemekaran dari Sumatera Utara (Sumut).

Sebuah kabar gembira menghampiri warga Sumatera Utara, terutama bagi mereka yang telah lama menanti keputusan mengenai pemekaran wilayah. 

Seorang akademisi ternama dari Provinsi Sumatera Utara, DR Yusuf, memberikan pengumuman penting bahwa calon Provinsi Sumatera Timur telah memenuhi semua syarat yang diatur oleh undang-undang.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan wartawan beberapa waktu yang lalu, DR Yusuf menyatakan, "Dalam konteks undang-undang, pembentukan Provinsi Sumatera Timur sebagai pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara sudah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan".

BACA JUGA:Perjuangan Provinsi Sumatera Tenggara: Transformasi Pemekaran Sumatera Utara (Sumut)

BACA JUGA:Provinsi Sumatera Timur Siap Pecah: Profil dan Sejarah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara

Pernyataan ini menjadi titik awal dari sebuah diskusi mendalam mengenai langkah-langkah konkrit yang dapat diambil untuk merealisasikan pemekaran tersebut.

Menurut hasil kajian yang dilakukan oleh DR Yusuf, calon Provinsi Sumatera Timur berhasil meraih nilai sebesar 452 poin.

"Pertumbuhan ekonomi di wilayah calon Provinsi Sumatera Timur sangat baik, wilayahnya luas, dan sumber daya manusianya juga sangat layak," tambahnya, memberikan gambaran positif mengenai potensi wilayah baru ini.

Dasar Sejarah Kuat Mendorong Pemekaran

Pemekaran wilayah Provinsi Sumatera Utara bukanlah usulan baru, melainkan juga mencakup wacana pembentukan satu provinsi tambahan.

BACA JUGA:Tanjung Balai di Sumatera Utara: Membangun Sejarah Sebagai Ibukota Baru Provinsi Sumatera Timur

BACA JUGA:Wacana Tiga Provinsi Baru di Sumatera Utara (Sumut): Membuka Era Otonomi Lebih Luas 

Selain tiga provinsi yang sebelumnya diusulkan dalam Daerah Otonomi Baru (DOB), muncul pula wacana pembentukan Provinsi Sumatera Timur yang merupakan pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara atau Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: