Jelang Ramadhan, Harga Sembako di OKU Diprediksi Bakal Naik

Jelang Ramadhan, Harga Sembako di OKU Diprediksi Bakal Naik

Pengawas Perdagangan Disperindag OKU, Octa Lilyandi. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, beberapa harga bahan pokok di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) diprediksi bakal mengalami kenaikan.

Hal itu diungkapkan Pengawas Perdagangan Disperindag OKU, Octa Lilyandi, saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu, 6 Maret 2024.

"Terdapat beberapa harga bahan pokok menjadi langganan naik menjelang bulan puasa. Bahan pokok tersebut seperti gula, telur, minyak goreng dan ayam potong. Hal ini terjadi karena permintaan di pasaran akan meningkat saat puasa, sementara stok terbatas," kata Octa.

Dikatakan Octa, setiap tahunnya menjelang bulan Ramadhan bahan pokok tersebut selalu mengalami lonjakan pembeli sehingga mempengaruhi harga jualnya di pasaran.

BACA JUGA:Disperindag OKU Optimalkan Pengawasan Pasar Jelang Ramadhan

BACA JUGA:Disperindag OKU Perketat Pengawasan Pendistribusian LPG 3 Kg

Oleh sebab itu, Pemkab OKU berupaya untuk mengatasi lonjakan harga tersebut dengan mengawasi distribusi bahan pokok dan melakukan langkah-langkah pengendalian harga.

“Insyaallah, kami akan menggelar operasi pasar murah sebelum menjelang bulan Ramadhan yang diinisiasi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Bulog OKU,” sambung Octa.

Upaya tersebut diharapkan dapat menekan harga bahan pokok sehingga masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman tanpa harus khawatir akan biaya hidup yang meningkat.

Untuk diketahui, biasanya lonjakan pembeli tidak hanya terjadi pada bahan pokok, tetapi juga pada berbagai jenis makanan kudapan dan kebutuhan lainnya yang umumnya dikonsumsi saat berbuka puasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: