PLN dan BYD Motor Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis untuk Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

 PLN dan BYD Motor Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis untuk Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

--

BISNIS, PALPOS.ID-PT PLN (Persero), perusahaan listrik milik negara, kembali memperkuat komitmennya dalam mendukung transisi energi Indonesia menuju ke arah yang lebih ramah lingkungan dengan menjalin kerja sama strategis dengan PT BYD Motor Indonesia.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat infrastruktur dan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Nota kesepahaman (MoU) antara PLN dan BYD Motor Indonesia ditandatangani di tengah-tengah gelaran pameran otomotif terkemuka, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 25 Februari.

BACA JUGA:Menteri BUMN Dorong Transformasi: PLN Raih Sukses dalam Keterbukaan dan Keberlanjutan

BACA JUGA: PLN Sumbagsel Perkuat Sinergi dengan Mitra Kerja, Capai Zero Loss melalui Budaya K3

Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, kerja sama dengan BYD merupakan langkah konkret perusahaan dalam mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Darmawan menyatakan bahwa PLN siap berperan sebagai katalisator dalam pengembangan sektor transportasi hijau melalui kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

Hal ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi penyedia solusi energi terkemuka yang berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca serta mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

BACA JUGA:Pengembang Potensi Panas Bumi di Kabupaten Rejang Lebong dan Kapahiang, Bukit Komitmen PLN Mewujudkan Program

BACA JUGA:Dirut PLN Pimpin LangsungPengamanan Pasokan Listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

Komitmen PLN ini juga didukung oleh Tonny Bellamy, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, yang mengatakan bahwa kerja sama antara PLN dan BYD Motor Indonesia menunjukkan komitmen kedua belah pihak dalam mendukung Indonesia menjadi negara yang lebih hijau melalui transportasi listrik.

Tonny menyebutkan bahwa kerja sama ini sejalan dengan mandat pemerintah Indonesia, yang termanifestasikan dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBLBB serta Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk KBLBB.

BACA JUGA:PLN Dukung Geliat Industri dan Bisnis

BACA JUGA:Liburan Pakai Mobil Listrik Makin Asyik, PT PLN Siagakan 569 SPKLU

Dalam rangka memudahkan masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik, PLN dan BYD akan menyediakan bundling layanan home charging service bagi setiap pembeli mobil listrik.

Ini merupakan upaya konkret untuk memperluas akses pengisian listrik bagi kendaraan listrik di rumah, yang diharapkan dapat meningkatkan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Presiden Direktur BYD Motor Indonesia, Zhao Yue, menyambut baik kerja sama ini dan menyatakan optimisme terhadap komitmen Indonesia dalam menyambut transisi energi melalui kendaraan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: