Taipan Properti Vietnam Truong My Lan Dijatuhi Hukuman Mati dalam Kasus Penipuan Ratusan Triliun Rupiah

Taipan Properti Vietnam Truong My Lan Dijatuhi Hukuman Mati dalam Kasus Penipuan Ratusan Triliun Rupiah

Taipan Properti Vietnam Truong My Lan Dijatuhi Hukuman Mati dalam Kasus Penipuan Ratusan Triliun Rupiah.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

VIETNAM, PALPOS.ID - Taipan Properti Vietnam Truong My Lan Dijatuhi Hukuman Mati dalam Kasus Penipuan Ratusan Triliun Rupiah.

Pengadilan Vietnam baru-baru ini menjatuhkan hukuman mati kepada Truong My Lan, seorang taipan properti asal Vietnam, dalam kasus penipuan yang mencapai nilai fantastis hampir Rp200 triliun. 

Kasus ini tidak hanya merupakan skandal terbesar di Vietnam tetapi juga menjadi skandal korupsi properti terbesar se-Asia Tenggara.

Menurut laporan dari Bloomber pada Kamis, 11 April 2024, hukuman mati tersebut diberikan dengan mempertimbangkan tekad Partai Komunis untuk menindak tegas korupsi. 

BACA JUGA:Kejari Lubuklinggau Mengembalikan Uang Negara Rp 730,33 juta dari Kasus Korupsi PT Mura Sempurna

BACA JUGA: Kejari OKU Naikkan Status Perkara Dugaan Korupsi BPBD OKU ke Penyidikan

Truong My Lan, yang merupakan Ketua Grup Van Thinh Phat, ditangkap pada tahun 2022 dan menghadapi dakwaan termasuk penyuapan terhadap pejabat pemerintah dan pelanggaran aturan pinjaman bank.

Kasus utama yang menjeratnya adalah penggelapan dana dari Saigon Commercial Bank antara Februari 2018 dan Oktober 2022.

Meskipun hukuman mati dijatuhkan atas tuduhan penggelapan, pengadilan juga menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara masing-masing atas dua tuduhan lainnya, yaitu melanggar peraturan perbankan dan menawarkan suap.

Truong My Lan, yang berusia 67 tahun, memiliki beberapa properti paling bergengsi di pusat komersial Kota Ho Chi Minh melalui perusahaannya, Van Thinh Phat (VTP). 

BACA JUGA:Kejaksaan Agung Tetapkan Harvey Moeis sebagai Tersangka Baru dalam Kasus Korupsi PT Timah Rp271 Triliun

BACA JUGA:Skandal Korupsi Timah Triliunan Rupiah: Harvey Moeis Ditahan Sandra Dewi Terancam Terseret

Selama persidangan, Lan menawarkan kompensasi atas kerugian yang diderita Saigon Commercial Bank.

Kasus ini melibatkan total 86 terdakwa, termasuk suami Lan, pengusaha Hong Kong Eric Chu, dan keponakannya, Chief Executive Officer VTP Truong Hue Van. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: