KRI R. E. Martadinata-331 Bersiap Menuju Gelanggang RIMPAC 2024 di Hawaii

KRI R. E. Martadinata-331 Bersiap Menuju Gelanggang RIMPAC 2024 di Hawaii

--

BACA JUGA:Pangkoarmada I Siapkan Kajian untuk Usulan Penempatan Kapal OPV

"Persiapan fisik dan mental prajurit kita telah diuji dan mereka siap menghadapi tantangan yang akan datang," tegas Laksda Ariantyo.

Tujuan dari partisipasi Indonesia dalam RIMPAC tidak hanya untuk mengasah kemampuan militer, tetapi juga untuk memperkuat hubungan bilateral dengan negara-negara lain, khususnya Amerika Serikat yang melalui USINDOPACOM, memiliki peran penting dalam keamanan dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

RIMPAC juga memberikan platform bagi TNI AL untuk mendemonstrasikan kemampuan operasi jarak jauh dan penyiapan dukungan logistik tempur, sesuai dengan ambisi Indonesia untuk memperkuat posisinya sebagai poros maritim dunia.

BACA JUGA:Mengungkap Kemampuan Rudal Mematikan Kh-69 Rusia Yang Membuat Pertahanan Udara Ukrania Frustasi

BACA JUGA:Boeing Raih Kontrak USD 90,1 Juta Untuk Peningkatan P-8A Poseidon Australia

Latihan ini menjadi penting di tengah kondisi geopolitik yang dinamis, di mana kemampuan untuk beroperasi secara efektif bersama mitra internasional menjadi kunci dalam menjaga perdamaian dan stabilitas.

Kesempatan berharga ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran dan pertukaran pengetahuan yang berharga bagi para prajurit TNI AL, sekaligus membuka peluang kerjasama keamanan maritim lebih lanjut.

Di luar skenario latihan militer, pertemuan bilateral antara pejabat TNI AL dan US Coast Guard pada awal Maret lalu juga menandakan keikutsertaan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dalam RIMPAC tahun ini.

BACA JUGA: Menhan RI Terima Telepon Diplomatik Dari Presiden Korea Selatan Untuk Lanjuti Kemitraan Pertahanan

BACA JUGA:Rafale Prancis Sokong Pertahanan Udara Israel dalam Menghalau Drone Iran

Hal ini semakin menegaskan komitmen Indonesia dalam meningkatkan keamanan maritim dan mengembangkan kemampuan operasional lintas agensi.

KRI Raden Eddy Martadinata-331 bukan hanya mengangkut persenjataan atau prajurit, melainkan juga membawa harapan dan kebanggaan bangsa dalam menunjukkan kemampuan terbaik di panggung dunia.

Peserta RIMPAC 2024 tak hanya akan melihat kekuatan militer, tetapi juga diplomasi dan kerjasama yang dijalin melalui deru mesin dan gelombang di lautan luas.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: