Revolusi Teknologi Militer China Luncurkan Pesawat UAV Hipersonik Baru dari Pesawat Pembom H-6M

Revolusi Teknologi Militer China Luncurkan Pesawat UAV Hipersonik Baru dari Pesawat Pembom H-6M

--

NASIONAL, PALPOS.ID-Pembom H-6MW buatan Xi'an Aircraft Company (XAC) dari China tertangkap kamera sedang terbang sambil membawa sebuah kendaraan udara jenis baru.

Inovasi militer yang mungkin mengubah arah pengembangan alat pertahanan modern ini menunjukkan langkah signifikan dalam teknologi kedirgantaraan China.

Pembom H-6MW, yang merupakan varian khusus dari seri pembom strategis milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF), sudah dikenal sebagai platform peluncuran yang tangguh untuk rudal jelajah.

BACA JUGA:KRI R. E. Martadinata-331 Bersiap Menuju Gelanggang RIMPAC 2024 di Hawaii

BACA JUGA:PT DI Berhasil Ubah Pesawat Angkut Militer CN 235-220 Malaysia Jadi Pesawat MPA

Namun, kali ini, fokusnya bukan pada rudal, melainkan pada sebuah kendaraan udara tak berawak (UAV) yang diduga memiliki kemampuan supersonik atau bahkan hipersonik, sebuah lompatan yang mengesankan dari teknologi UAV sebelumnya seperti Aviation Industry Corporation of China (AVIC) WZ-8 yang juga dikembangkan oleh China.

Perbedaan desain yang mencolok antara kendaraan baru dan WZ-8 menandakan bukan hanya inovasi dalam performa aerodinamika dan teknologi propulsi, tetapi juga kemungkinan peningkatan dalam kapabilitas stealth, navigasi, dan operasional.

BACA JUGA:Kalashnikov Luncurkan AK-12 Versi 2023 Lebih Canggih Lagi untuk AD Rusia

BACA JUGA:Permainan Kekuatan di Timur Tengah: Iran Menganggap Serangan Drone Israel sebagai 'Mainan Anak'

Kendaraan baru ini pertama kali muncul di media sosial China pada minggu ketiga April, menimbulkan spekulasi dan diskusi di kalangan analis dan pengamat pertahanan global.

WZ-8, yang telah lebih dulu dikenal dan dioperasikan oleh Resimen Udara ke-30 PLAAF, memiliki spesifikasi yang mengesankan.

Kendaraan ini didukung oleh dua mesin roket dengan bahan bakar cair yang mungkin berbasis hidrazin, memiliki panjang antara 11,5 dan 13 meter dengan lebar sayap 4,5 hingga 6,7 meter.

BACA JUGA:Iran Segera Terima Batch Pertama Jet Tempur Su-35 dari Rusia

BACA JUGA:Hizbullah Serang Radar Utama Iron Dome Israel dengan Rudal Almas Iran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: