India Bersiap Menjadi Pemain Utama dalam Ekspor Pertahanan, Jajaki Kemitraan Strategis dengan Indonesia

India Bersiap Menjadi Pemain Utama dalam Ekspor Pertahanan, Jajaki Kemitraan Strategis dengan Indonesia

--

NASIONAL, PALPOS.ID-Tanggal 2 April 2024 menandai momentum penting dalam sejarah kerja sama pertahanan antara India dan Indonesia. T. Natarajan, Direktur Jenderal Produksi Pertahanan Kementerian Pertahanan India, mengumumkan kesiapan negaranya untuk bertransformasi menjadi salah satu eksportir pertahanan terkemuka dunia pada tahun 2030.

Natarajan menyatakan hal ini dalam acara “India-Indonesia Defence Industry Exhibition-cum-Seminar” yang diselenggarakan di Jakarta.

Natarajan mengungkapkan bahwa industri pertahanan India telah mencatat pertumbuhan yang signifikan, dengan nilai ekspor mencapai 2,63 miliar dolar AS pada tahun 2023, meningkat drastis dari 560 juta dolar AS pada tahun 2017.

BACA JUGA:Kejutan di Medan Tempur: T-72B3 Rusia Hancurkan M1A1 Abrams Ukraina

BACA JUGA:Sukhoi Su-75: Pemecah Kebuntuan atau Hanya Fantasi Penerbangan Rusia?

Kesiapan India ini didukung oleh kemajuan teknologi dan inovasi yang pesat di sektor pertahanannya.

Acara yang juga memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara tersebut tidak hanya menjadi ajang pameran kekuatan, tetapi juga forum strategis untuk menjajaki peluang kerja sama.

Duta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty, menegaskan bahwa India bertujuan untuk menjaga kekuatan dan kemandiriannya, sambil bergerak menuju posisi sebagai ekonomi terbesar ketiga dunia.

BACA JUGA:Cerita Persahabatan Abadi Prabowo dan Raja Abdullah II

BACA JUGA:Cerita di Balik KC-130B Hercules A-1309 Pertama Indonesia dan Skadron Udara 32 TNI AU

Chakravorty juga menyoroti program Inovasi untuk Keunggulan Pertahanan (iDEX), yang bertujuan untuk memelihara ekosistem inovasi di sektor pertahanan India.

Program ini dirancang untuk menyatukan kemampuan militer dan sektor startup, menciptakan sinergi yang memungkinkan India mempercepat kemandirian teknologinya.

Sandeep Chakravorty menambahkan, "Kami yakin bahwa Indonesia, dengan keinginan kuat untuk mengembangkan industri pertahannya, dapat banyak belajar dari pengalaman kami.

BACA JUGA:Inovasi Baru dari Tanah Air: Senjata Lawan Tank (SLT) Buatan PT Dahana dan PT Hariff DTE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: