Dinkes Kota Palembang: Pentingnya Assessment OMS HIV ke OPD

Dinkes Kota Palembang: Pentingnya Assessment OMS HIV ke OPD

Dinkes Kota Palembang: Pentingnya Assessment OMS HIV ke OPD.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Salah satu kendala lain yang dihadapi adalah tertutupnya informasi mengenai APBD Kota Palembang. 

Informasi detail mengenai APBD Tahun Anggaran (TA) 2023-2024 tidak dapat ditemukan meskipun sudah dicari melalui berbagai saluran resmi seperti JDIH, PPID, dan website kota. 

BACA JUGA:Kasus HIV di Kota Prabumulih Meningkat, LSL Penyumbang Terbesar

BACA JUGA:Ternyata Pare Bisa Membantu Mengobati HIV

Bahkan, saat tim mencari data langsung ke sekretariat daerah bidang JDIH Kota Palembang, informasi yang dibutuhkan tetap tidak tersedia. Namun, data nomenklatur terkait HIV berhasil diperoleh dari Dinkes Sumsel.

Assessment yang dilakukan oleh OMS dan Konsil LSM dari Februari hingga Juni 2024 menunjukkan bahwa dari delapan OMS HIV di Palembang, hanya lima yang memenuhi kriteria kelayakan administratif swakelola tipe III. 

Kelima OMS tersebut adalah Yayasan Intan Maharani, Masyarakat Sehat Sriwijaya, Yayasan Kharisma Sumsel, Yayasan Sriwijaya Plus, dan IKAI Sumsel.

Kerjasama antara OPD dan OMS diharapkan dapat fokus pada isu dan inovasi yang bisa dilaksanakan melalui mekanisme swakelola dan hibah. 

BACA JUGA:Wow Manfaat Luar Biasa Temu Kunci, Bisa Ringankan Gejala HIV

BACA JUGA:Jumlah Penderita HIV/Aids Bertambah, Ini Kata Dewan

Program yang diusulkan mencakup berbagai isu seperti kesehatan mental, melawan diskriminasi terhadap orang muda dengan HIV, distribusi ARV yang merata, layanan ramah transgender, hak-hak dasar bagi transgender, dukungan keluarga, diskriminasi ADHA, legislasi anti stigma, akses key population terhadap dokumen kependudukan, dan perlindungan sosial.

Isu lain yang juga menjadi perhatian adalah layanan kesehatan inklusif, informasi tentang kesehatan reproduksi, kekerasan berbasis gender, dan kekerasan berbasis gender online.

Aliyul Hidayat menambahkan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan beberapa OPD untuk merealisasikan mekanisme social contracting swakelola tipe III dan hibah. Beberapa OPD yang siap berkolaborasi antara lain:

Dinas Sosial Kota Palembang: Siap berkolaborasi dengan OMS untuk pelaksanaan social contracting.

BACA JUGA:Jhon Lbf Kaget Tukul Arwana Mau Jadi Brand Ambassador Hive Five

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: