Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara Milik PT HLI

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara Milik PT HLI

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara Milik PT HLI.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

HEADLINE, PALPOS.ID - Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di Asia Tenggara Milik PT HLI.

Pada Rabu, 3 Juli 2024, Presiden Joko Widodo atau yang lebih dikenal sebagai Jokowi, meresmikan pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power yang berlokasi di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. 

Pabrik ini merupakan investasi dari Korea Selatan dan diklaim sebagai pabrik sel baterai pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Pabrik ini memiliki nilai investasi sebesar US$3,1 miliar atau sekitar Rp45,88 triliun. 

BACA JUGA:Honda N-VAN e: Debut di GIIAS 2024, Siap Jadi Primadona Baru Mobil Listrik

BACA JUGA:Suzuki Siap Pamerkan Mobil Listrik Konsep eVX di Ajang GIIAS 2024

Fasilitas produksi ini dibangun di Karawang New Industry City (KNIC) dan diproyeksikan memiliki kapasitas produksi sebesar 30 GWh. 

Peresmian pabrik ini merupakan bagian dari proyek Grand Package hulu-hilir baterai yang terintegrasi dengan smelter dan pabrik sel kendaraan listrik.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan bahwa peresmian PT HLI Green Power ini merupakan tonggak baru bagi Indonesia sebagai pemain global dalam industri kendaraan listrik. 

“Dengan dibangunnya smelter dan pabrik sel kendaraan listrik ini, kita akan berperan penting dalam rantai pasok kendaraan listrik dunia,” ujar Jokowi. 

BACA JUGA:Hyundai Casper Electric Harga Terjangkau, Fitur Berlimpah Siap Tantang Mobil Listrik Buatan China

BACA JUGA:Nissan Leaf Sebagai Pionir Mobil Listrik Jepang yang Tangguh di Tengah Persaingan Sengit Pasar Mobil Listrik

Beliau menambahkan bahwa proyek ini tidak hanya akan menguntungkan Indonesia dari segi ekonomi, tetapi juga akan meningkatkan posisi Indonesia dalam industri kendaraan listrik global.

Menteri Perdagangan Korea Selatan, Jeong In-kyo, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengungkapkan bahwa hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan semakin erat dengan diresmikannya pabrik ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: