Arah Baru untuk Inspektorat Sumsel: Fokus pada Leadership dan Etika Kerja

 Arah Baru untuk Inspektorat Sumsel: Fokus pada Leadership dan Etika Kerja

--

SUMSEL, PALPOS.ID-Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (SUMSEL), Agus Fatoni, menegaskan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Inspektorat Daerah Provinsi SUMSEL.

Pernyataan ini disampaikan Fatoni saat memberikan pengarahan kepada auditor dan pengawas penyelenggaraan urusan Pemerintahan Daerah di Kantor Inspektorat Provinsi Sumsel, Palembang, pada Rabu (8/5/2024).

Fatoni menyoroti peran strategis Inspektorat Daerah dalam lingkup pemerintahan, yang menurutnya sangat krusial untuk meningkatkan kualitas SDM.

BACA JUGA:Agus Fatoni: Desa Bersinar sebagai Solusi Efektif Cegah Narkoba di Sumsel

BACA JUGA: PJ Gubernur Sumsel Hadiri Peluncuran Resmi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel

Ia menilai, peningkatan kualitas SDM di Inspektorat Daerah bukan hanya soal menambah jumlah formasi, tetapi juga memperbaiki sistem kerja dan meningkatkan kapabilitas melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) serta bimbingan teknis (Bimtek).

"Inspektorat Daerah ini memiliki posisi paling strategis dalam pemerintahan. Oleh karena itu, penting untuk menambah formasi di lingkungan ini. Dari regulasi dan kebijakan, Inspektorat Daerah berada di posisi pertama dari seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang ada," ujar Fatoni dalam arahannya.

Fatoni menekankan bahwa pembenahan internal menjadi langkah awal yang harus dilakukan.

BACA JUGA: Didampingi Pj Gubernur Sumsel, Jokowi Fokus pada Peningkatan Infrastruktur Kesehatan di Daerah Terpencil

BACA JUGA: Sembilan Bulan Pimpin Sumsel, Pj Gubernur Agus Fatoni Raih 37 Penghargaan

Dengan mengadakan Diklat dan Bimtek, para pegawai di Inspektorat Daerah dapat memperdalam ilmu dan keterampilan mereka, termasuk dalam bidang leadership, manajemen, pemeriksaan, hingga fungsi intelijen.

Menurutnya, peningkatan kompetensi ini akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan profesionalisme pegawai dalam menjalankan tugas mereka.

"Kita harus membenahi diri secara internal terlebih dahulu. Diklat dan Bimtek sangat penting agar kita bisa mendapatkan lebih banyak ilmu, seperti leadership, manajemen, pemeriksaan, bahkan fungsi intelijen. Ini semua diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme kita," tegas Fatoni.

BACA JUGA: Komitmen Perbaikan: Pj Gubernur Sumsel Bersinergi dengan Ombudsman dalam Pengawasan Layanan Publik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: