Festival Kopi Lahat 2024 Menyoroti Potensi Kopi Robusta dan Peran Vital Petani dalam Pembangunan Ekonomi

 Festival Kopi Lahat 2024 Menyoroti Potensi Kopi Robusta dan Peran Vital Petani dalam Pembangunan Ekonomi

--

SUMSEL, PALPOS.ID-Sumatera Selatan, yang dikenal sebagai provinsi dengan perkebunan kopi terluas di Indonesia, menegaskan kembali posisinya sebagai pusat produksi kopi utama melalui Festival kopi Lahat 2024.

Kabupaten Lahat, yang merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di provinsi ini, menjadi tuan rumah acara tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kekayaan kopi lokal serta kesejahteraan petani kopi.

Festival yang digelar pada Jumat, 2 Agustus 2024, di Gedung Kesenian Lahat ini, berhasil menarik perhatian para pencinta kopi dari berbagai kalangan.

BACA JUGA:Kembalikan Kejayaan Kopi Sriwijaya: OJK Pecahkan Rekor MURI Minum Kopi Terbanyak di Pinggir Sungai Musi

BACA JUGA:Kopi Sumsel Diakui Pasar, Harga Tembus Rekor Tertinggi

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Lahat, Imam Pasli, menegaskan pentingnya festival ini bagi Kabupaten Lahat dan provinsi Sumatera Selatan secara keseluruhan.

Ia menyampaikan bahwa Lahat merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Sumatera Selatan, dengan lahan perkebunan kopi yang mencakup lebih dari 267.200 hektar.

“Festival ini tidak hanya merayakan kekayaan kopi kami, tetapi juga mengajak semua orang untuk lebih mengenal dan menghargai kopi dari Lahat dan Sumatera Selatan,” ujar Imam Pasli.

BACA JUGA:Balai Karantina Kawal Ekspor Kopi Sumatera Selatan ke Tiongkok dan Cambodia: Dukung Ekonomi Indonesia

BACA JUGA:Agus Fatoni Dukung Penuh PASKI, Gelar Sumsel Comedy Festival 2024 di Lahat

Festival Kopi Lahat 2024 mengusung tema “Menjelajah Kopi Sumatera Selatan dengan Rasa dan Inovasi di Bumi Seganti Setungguan,” dan menghadirkan beragam kegiatan yang bertujuan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional serta mewujudkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Kegiatan tersebut meliputi kompetisi, pameran produk kopi, pameran seni kopi, dan talkshow, yang semuanya dirancang untuk memberikan perhatian khusus pada kopi lokal, khususnya Kopi Robusta yang terkenal dari Lahat.

Salah satu elemen penting dari Festival Kopi Lahat 2024 adalah keterlibatan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Fuel Terminal Lahat.

BACA JUGA: Sumatera Selatan Menampilkan Kerajinan Budaya di Expo UMKM HUT ke-44 Dekranas 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: