Balai Karantina Kawal Ekspor Kopi Sumatera Selatan ke Tiongkok dan Cambodia: Dukung Ekonomi Indonesia

Balai Karantina Kawal Ekspor Kopi Sumatera Selatan ke Tiongkok dan Cambodia: Dukung Ekonomi Indonesia

Balai Karantina Kawal Ekspor Kopi Sumatera Selatan ke Tiongkok dan Cambodia: Dukung Ekonomi Indonesia.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Balai Karantina Kawal Ekspor Kopi Sumatera Selatan ke Tiongkok dan Cambodia: Dukung Ekonomi Indonesia.

Kepala Karantina Sumatera Selatan, Ir. Kostan Manalu MM, bersama dengan Ketua Tim Karantina Tumbuhan, Anita Setyawati, memberikan dukungan penuh terhadap fasilitasi ekspor kopi dari Sumatera Selatan. 

Hal ini dibuktikan dengan tinjau langsung perkebunan kopi dan gudang penyimpanan (warehouse) di Pagaralam, Sumatera Selatan pada tanggal 19 Maret.

Kostan menjelaskan bahwa para importir kopi dari Cambodia dan Tiongkok telah mengekspresikan keinginan mereka untuk meningkatkan impor komoditas dari Sumatera Selatan ke negara masing-masing.

BACA JUGA:Kepala Karantina Sumatera Selatan Dukung Fasilitasi Ekspor Vanili untuk Pasar Internasional

BACA JUGA:Karantina Sumatera Selatan Inspeksi Karantina Ikan: Langkah Penting untuk Keamanan Ekspor 

"Tidak hanya kopi yang akan kita ekspor, tetapi juga komoditas lain seperti rempah-rempah, vanili, daun kelor, dan lain sebagainya. Upaya ini tidak hanya akan memfasilitasi perdagangan ke negara tujuan, tetapi juga akan mencegah terjadinya Notifikasi Ketidaksesuaian (Notification of Non-Compliance) di negara tujuan ekspor," tambah Kostan.

Belakangan ini, terjadi perubahan gaya hidup dan perekonomian masyarakat Tiongkok yang secara perlahan membuat kopi menjadi primadona baru di negara tersebut. 

"Ini merupakan peluang besar bagi pasar ekspor kita, dan kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Terlebih lagi, para importir tersebut secara langsung mengunjungi perkebunan kopi dan gudang penyimpanan kita di Pagaralam," ujar Kostan kepada para eksportir dari Sumatera Selatan.

Mendukung Pertumbuhan Ekspor: Kebutuhan Pasar dan Fasilitasi Perdagangan

BACA JUGA:Lapor Karantina Untuk Cegah Masuknya Hama Penyakit Hewan Ikan dan Tumbuhan di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Mengintip Masa Depan Lanud Sri Mulyono Herlambang: Dari Peningkatan Tipe hingga Kesiapan Alutsista

Dalam upaya mendukung pertumbuhan ekspor, Kepala Karantina Sumatera Selatan, Ir. Kostan Manalu MM, telah melakukan langkah konkret dengan mendukung fasilitasi ekspor kopi dari daerah ini ke Tiongkok dan Cambodia. 

Dalam kunjungannya ke Pagaralam, Sumatera Selatan pada tanggal 19 Maret, Kostan bersama dengan Tim Karantina Tumbuhan turut meninjau secara langsung perkebunan kopi dan gudang penyimpanan sebagai bagian dari upaya memperkuat perdagangan ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: