Korupsi Timah Rp300 Triliun: Modus Terselubung Harvey Moeis Menyembunyikan Uang Hasil Kejahatan

Korupsi Timah Rp300 Triliun: Modus Terselubung Harvey Moeis Menyembunyikan Uang Hasil Kejahatan

Korupsi Timah Rp300 Triliun: Modus Terselubung Harvey Moeis Menyembunyikan Uang Hasil Kejahatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Penyamaran Harta dengan Pembelian Aset dan Properti

JPU mengungkapkan bahwa sebagian dari uang yang telah diterima Harvey diserahkan kepada Direktur Utama PT Refined Bangka Tin, Suparta, untuk keperluan operasional perusahaan. 

Namun, sebagian besar uang digunakan oleh Harvey untuk kepentingan pribadi, seperti pembelian aset properti dan kendaraan mewah.

Salah satu aset yang dibeli Harvey adalah tanah kavling di Jalan Haji Kelik, Jakarta Barat, yang terletak di Permata Regency 8 Blok J-5 dan Blok J-7. 

BACA JUGA:Sering Macet, Lalu Lintas di Depan RSUD Siti Fatimah dan SD Muhammadiyah Akan Diurai dengan Rekayasa Lalin

BACA JUGA: iPhone 15 Plus: Inovasi dan Peningkatan Terbaru dalam Seri iPhone 15

Aset ini dibeli atas nama istrinya, Sandra Dewi. Selain itu, Harvey juga membeli satu bidang tanah di Senayan Residence, Jakarta, di mana pembangunan dilakukan dengan menggunakan dana dari PT Quantum Skyline Exchange dan PT Refined Bangka Tin.

Tak berhenti di situ, Harvey juga menginvestasikan dana hasil kejahatannya pada properti lain di Komplek Perumahan Green Garden Blok N 5, Kavling Nomor 25, Kebon Jeruk, Jakarta pada tahun 2021, yang dicatat atas nama dirinya. 

JPU juga mengungkap bahwa dana tersebut digunakan untuk membayar sewa rumah di Malvern Oasis, Melbourne, Australia, senilai Rp5,76 miliar serta membeli kendaraan mewah, seperti Mini Cooper dan Rolls Royce, yang diatasnamakan pada orang atau perusahaan lain.

Pembelian Barang Mewah dan Aliran Dana kepada Keluarga

Selain berinvestasi dalam bentuk properti dan kendaraan, Harvey juga menggunakan dana tersebut untuk membeli berbagai barang mewah, seperti tas bermerek untuk istrinya, Sandra Dewi. 

BACA JUGA:Kejaksaan Agung Tetapkan Harvey Moeis sebagai Tersangka Baru dalam Kasus Korupsi PT Timah Rp271 Triliun

BACA JUGA:Skandal Korupsi Timah Triliunan Rupiah: Harvey Moeis Ditahan Sandra Dewi Terancam Terseret

Pembelian tas dilakukan melalui transfer ke rekening toko daring bernama Snowceline Luxury. 

Tak hanya itu, dana juga dialihkan ke rekening keluarga Harvey sebagai hadiah, di antaranya sebesar Rp200 juta kepada saudara-saudaranya, Mira Moeis dan Kartika Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: