PLN Laporkan Kondisi Kelistrikan di Lalan Pasca Jembatan Ambruk Kembali Normal

PLN Laporkan Kondisi Kelistrikan di Lalan Pasca Jembatan Ambruk Kembali Normal

Pihal PLN saat melakukan perbaikan aliran listrik pasca jembatan P6 yang ambruk.-@kominfomuba-dokumen/palpos

SEKAYU, PALPOS. ID – Pasca insiden ambruknya jembatan penghubung Desa Suka Jadi P.6 menuju Desa Galih Sari P.11 akibat ditabrak oleh tongkang angkutan batu bara yang menyebabkan PLN di daerah tersebut mengalami padam, pada hari Senin 12 Agustu 2024 lalu.

Menanggapi kejadian tersebut, Pj Bupati Muba H. Sandi Fahlepi bersama pihak terkait langsung bergerak cepat untuk mengatasi persoalan ini.

Pemkab Muba melalui OPD terkait telah melakukan berbagai upaya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Beberapa langkah yang telah diambil antara lain:

BACA JUGA:Sedot Animo Masyarakat Muba, Festival Bongen Sukses Meriahkan HUT RI ke-79

BACA JUGA:Jembatan di Lalan Putus, Pemkab Muba Pertegas Kapal Angkut Batu bara Harus Bertanggungjawab

- BPBD dan Basarnas Palembang, Polres Muba, dan Kodim 0401 Muba menyelesaikan tugas kemanusiaan dengan menemukan seluruh korban tenggelam.

- Dinas PUPR Muba telah melakukan pengecekan kondisi jembatan.

- Dinas Perhubungan (Dishub) Muba berkoordinasi langsung dengan pihak PT angkutan batu bara.

- Dinas Kominfo Muba, bersama Tim Telkomsel, melakukan pemulihan kabel optik di lokasi jembatan.

BACA JUGA:Sigap, BPBD Muba Bersama Basarnas Cari 5 Korban Tenggelam Akibat Jembatan Ambruk di Lalan

BACA JUGA:Sekda Muba H Apriyadi Sampaikan KUPA dan PPASP R-APBDP Kabupaten Muba Tahun 2024

Berdasarkan instruksi Pj Bupati H. Sandi Fahlepi, Pemkab Muba juga telah menggelar rapat koordinasi yang dipimpin Sekda Muba H. Apriyadi Mahmud, melibatkan pihak-pihak terkait, termasuk PT pengangkut batu bara dan PLN, untuk segera melakukan perbaikan.

Pj Bupati H. Sandi Fahlepi berharap agar pihak-pihak terkait, khususnya PT pengangkut batu bara, segera bertanggung jawab dan memperbaiki jembatan.

"Kami minta perusahaan untuk segera memperbaiki jembatan dengan serius dan berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dishub Muba, karena ini adalah jembatan penghubung yang vital," tegasnya.

Agus Innu Tsani, Manager PLN Sekayu, menginformasikan bahwa kelistrikan di Lalan sudah kembali normal pada pukul 01.09 WIB.

BACA JUGA:Perdana, Perlombaan Perahu Ketek Nelayan Bakal Turut Memeriahkan HUT RI di Muba

BACA JUGA:Kunker ke Ponpes di Babat Toman, Ini Pesan Kapolres Muba...

"Kami dari PLN mengucapkan terima kasih atas undangan dalam rapat koordinasi terkait ambruknya jembatan. Pihak PLN yang hadir antara lain Asman Jar PLN UP3 Palembang (Firdaus Setiawan), Asman Ren PLN UP3 Palembang (Marwan Yudi), dan PH Manager Pangkalan Balai (Benyamin). Usai rapat, kami langsung memperbaiki jaringan kelistrikan di daerah tersebut," jelasnya, Sabtu 17 Agustus 2024.

Sementara itu, Kadishub Muba H. Musni Wijaya menyatakan dalam rapat sebelumnya yang dipimpin Sekda bahwa empat prioritas utama sudah ditindaklanjuti, yaitu penanganan kemanusiaan dampak jembatan ambruk, fasilitas penerangan PLN sudah kembali menyala, tim provider telekomunikasi telah melakukan perbaikan, dan penyeberangan untuk warga telah terfasilitasi dengan baik.

"Kami akan mengadakan rapat lanjutan dalam waktu dekat untuk fokus pada penyelesaian tindak lanjut perbaikan jembatan ambruk dengan seluruh pihak terkait," tambah Musni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: