3 Hari Pesta Tradisi di Sungai Musi: Lomba Bidar dan Perahu Hias Meriahkan HUT RI, Catat Tanggalnya..

3 Hari Pesta Tradisi di Sungai Musi: Lomba Bidar dan Perahu Hias Meriahkan HUT RI, Catat Tanggalnya..

Lomba bidar tradiisional -Foto: Diansyah-

Perlombaan ini diharapkan akan diikuti oleh peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Selatan serta provinsi tetangga, menambah kemeriahan dan persaingan dalam ajang ini.

Setelah final lomba bidar, acara akan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang, yang kemudian diikuti oleh panggung hiburan yang akan menghadirkan artis ibu kota untuk menutup rangkaian kegiatan dengan meriah.

BACA JUGA:Kenaikan Gaji PNS 2025: Komitmen Pemerintah Meningkatkan Kesejahteraan Aparatur Negara

Lomba bidar tradisional ini terbuka untuk umum dengan pendaftaran gratis. Setiap tim yang berpartisipasi dalam lomba bidar akan terdiri dari 57 orang, dengan 55 pendayung dan 2 pengarah haluan, yang akan berlomba menempuh jarak 800 meter dari eks dermaga 35 Ilir hingga finis di depan panggung kehormatan BKB.

Hadiah menarik telah disiapkan bagi para pemenang, dengan total hadiah uang tunai yang mencapai puluhan juta rupiah, di antaranya juara 1 akan mendapatkan Rp20.000.000.

Selain itu, lomba perahu hias juga terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya pendaftaran. Peserta diberi kebebasan dalam mendekorasi perahu mereka dengan tema yang menarik, namun tidak boleh mengandung unsur politik atau sentimen tertentu.

Perahu-perahu hias ini akan dinilai berdasarkan kriteria dekorasi, hiasan hidup, serta penampilan dan atraksi selama perjalanan.

BACA JUGA:Pemerintah Bakal Lakukan Efisiensi Anggaran Perjalanan Dinas dan Rapat ASN pada RAPBN 2025

Festival ini juga akan dimeriahkan dengan festival makanan yang menghadirkan beragam kuliner khas Palembang, menjadikan acara ini sebagai perpaduan sempurna antara budaya, tradisi, dan cita rasa lokal.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan kemeriahan dan semangat kebersamaan dalam perayaan HUT RI ke-79 di Sungai Musi, Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: