IDC AMSI 2024: Inovasi Media untuk Keberlanjutan di Tengah Krisis Digital

IDC AMSI 2024: Inovasi Media untuk Keberlanjutan di Tengah Krisis Digital

IDC AMSI 2024: Inovasi Media untuk Keberlanjutan di Tengah Krisis Digital.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Dalam rangka menghadapi tantangan ini, untuk pertama kalinya, AMSI berkolaborasi dengan Indonesia Digital Association (IDA) di IDC 2024. 

Ketua Umum IDA, Dian Gemiano, dalam sambutannya menegaskan bahwa media harus mandiri dalam hal konten, teknologi, bisnis, dan finansial. 

Namun, ia juga menekankan bahwa kemandirian tersebut tidak berarti anti-kolaborasi atau anti-teknologi.

BACA JUGA:Manfaat Kalium dalam Strawberry untuk Menjaga Tekanan Darah Ibu Hamil dan Mengurangi Risiko Preeklamsia

BACA JUGA:AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu

"Mandiri berarti lebih proaktif dalam berkolaborasi dan berinovasi. Proaktif artinya mendorong inovasi tersebut agar konten dan bisnis bisa berjalan dengan misi yang sama," jelas Dian. 

Pernyataan ini menegaskan pentingnya kolaborasi dalam mendorong inovasi yang berkelanjutan, serta memastikan bahwa media tetap relevan dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman.

Komitmen Pemerintah dalam Mendukung Media

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi Bidang Komunikasi dan Media Massa, Molly Prabawaty, juga hadir dalam IDC 2024 dan menyampaikan pesan penting mengenai peran pemerintah dalam mendukung keberlanjutan media. 

Ia menekankan bahwa media massa harus mempertahankan kredibilitasnya dan menjadi verifikator rujukan informasi untuk mendapatkan kepercayaan publik.

"Di era disrupsi digital ini, masyarakat masih sangat mengandalkan media untuk memperoleh informasi. Berdasarkan data UNESCO tahun 2023, perkembangan penggunaan platform digital di Indonesia sangat besar dalam akses informasi," kata Molly.

Molly juga menggarisbawahi pentingnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas, yang dikenal sebagai Perpres Publisher Rights. 

Perpres ini merupakan bentuk kebijakan afirmatif dan komitmen pemerintah dalam menciptakan lapangan bermain yang adil bagi pelaku industri media nasional, sehingga mereka tidak tergerus oleh disrupsi digital.

Teknologi dan Kecerdasan Buatan: Tantangan dan Peluang

Salah satu isu penting yang diangkat dalam IDC 2024 adalah perkembangan pesat teknologi, terutama kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: