IDC AMSI 2024: Inovasi Media untuk Keberlanjutan di Tengah Krisis Digital

IDC AMSI 2024: Inovasi Media untuk Keberlanjutan di Tengah Krisis Digital

IDC AMSI 2024: Inovasi Media untuk Keberlanjutan di Tengah Krisis Digital.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Direktur USAID Indonesia, Jeffery P. Cohen, mengingatkan bahwa media di Indonesia harus mampu mengimbangi perkembangan teknologi ini.

"Teknologi seperti AI bukan hanya sekadar alat, tetapi menjadi bagian integral dari ekosistem yang bisa mendorong kemajuan. Media harus mengenal audiensnya, melakukan verifikasi, dan konfirmasi informasi dengan cermat karena terlalu banyak disinformasi yang beredar," ungkap Jeffery.

Ia juga menambahkan bahwa komitmen AMSI dalam mendorong keberlanjutan media melalui penggunaan teknologi yang bertanggung jawab dan teguh pada etika harus dijadikan contoh bagi komunitas media lainnya.

Rangkaian Kegiatan IDC 2024: Road to IDC dan Masterclass

IDC 2024 bukan hanya sebuah konferensi, tetapi juga sebuah gerakan yang melibatkan serangkaian kegiatan pendukung, seperti "Road to IDC 2024" dan "Masterclass". 

"Road to IDC 2024" merupakan diskusi terbuka dan tertutup yang digelar AMSI sebagai persiapan menuju acara utama IDC 2024.

Diskusi ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan di industri media dan digital untuk bertukar ide dan strategi menghadapi tantangan yang ada.

Sementara itu, "Masterclass" digelar untuk memberikan pembelajaran kelas mahir bagi para pelaku media profesional. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para jurnalis dan profesional media agar siap menghadapi tantangan di era digital yang semakin kompleks.

IDC 2024 akan ditutup dengan penganugerahan AMSI Awards 2024, sebuah penghargaan yang diberikan kepada media dan individu yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam berinovasi dan menjaga keberlanjutan media.

Dukungan Penuh dari Mitra Strategis

IDC 2024 dan AMSI Awards tidak akan bisa terselenggara tanpa dukungan dari berbagai mitra strategis. 

Tahun ini, IDC dan AMSI Awards mendapatkan dukungan dari perusahaan-perusahaan besar seperti PT Astra International Tbk, Google News Initiative, Dailymotion SA, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Harita Nickel atau PT Trimegah Bangun Persada Tbk, PT Merdeka Copper Gold, PT PLN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, EIGER Adventure, dan MIND ID.

Dukungan dari mitra-mitra ini menunjukkan bahwa keberlanjutan media bukan hanya menjadi tanggung jawab media itu sendiri, tetapi juga membutuhkan kolaborasi dari berbagai sektor. 

Mitra strategis ini tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga berperan dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi perkembangan industri media di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: