AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu

AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu

AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

POLITIK, PALPOS.ID - AMSI dan KPU RI Bersatu Melawan Hoaks: Nota Kesepahaman untuk Cegah Berita Bohong dalam Pemilu.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menandatangani nota kesepahaman historis, MoU nomor 03/Mou/AMSI/1/2024 dan nomor 2/PR.07-NK/01/2024.

Hal itu menandai kerjasama dalam pelaksanaan Cek Fakta untuk memastikan integritas pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, dan/atau wali kota serta wakil wali kota.

Tujuan Kerjasama:

Salah satu tujuan utama kerjasama ini adalah memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat, membantu mereka menghindari berita bohong (hoaks) yang dapat memengaruhi pemilihan umum. 

BACA JUGA:AMSI Diskusi Terbuka: Antara Keterlambatan Publisher's Right dan Tantangan AI bagi Media Indonesia

BACA JUGA:Sosialisasi Bawaslu Sumsel dan AMSI: Peran Jurnalis dalam Menangkal Hoaks pada Pemilu 2024

AMSI dan KPU RI berkomitmen untuk menyediakan informasi terpercaya terkait tahapan, program, dan jadwal pemilu melalui etalase informasi khusus di masing-masing lembaga.

Proses Pelaksanaan Cek Fakta:

Dalam rangka pelaksanaan Cek Fakta, AMSI dan KPU RI sepakat untuk saling mendukung dengan menyediakan dokumen penunjang yang diperlukan. 

Kedua belah pihak juga akan meningkatkan kapasitas mereka sendiri, mengumpulkan dokumentasi, melakukan pendataan, dan menyusun bahan rujukan untuk Cek Fakta. 

Upaya sosialisasi dan peningkatan pendidikan pemilih juga menjadi fokus penting dalam penyelenggaraan pemilu yang bersih dan transparan.

BACA JUGA:Akhiri Seri Pelatihan Cek Fakta di Solo, AMSI Total Melatih 150 Media

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024 AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta di Sumatera Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: