Kopi Robusta Lahat Terima Sertifikat Indikasi Geografis, Pendapatan Petani Diyakini Meningkat

 Kopi Robusta Lahat Terima Sertifikat Indikasi Geografis, Pendapatan Petani Diyakini Meningkat

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kegiatan penting berlangsung di Hotel Santika Lahat pada Kamis, 3 Oktober 2024, ketika Dr. Ilham Djaya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan, melakukan pengukuhan dan penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis (IG) untuk Kopi Robusta Kabupaten Lahat.

Acara ini menandai langkah penting dalam melindungi dan mempromosikan salah satu produk unggulan daerah.

Dalam sambutannya, Dr. Ilham Djaya menjelaskan bahwa kekayaan intelektual, khususnya dalam bentuk Indikasi Geografis, memiliki peranan yang krusial dalam mendukung pertumbuhan ekonomi suatu negara.

“Indikasi Geografis adalah tanda yang menunjukkan asal suatu produk, yang dihasilkan dari kombinasi faktor lingkungan geografis, seperti alam dan manusia, yang memberi reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada produk tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA:Tim PORA Kemenkumham Sumsel Sinergi Dengan Pemkot Pagaralam, Perkuat Pengamanan Jelang Pilkada

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kukuhkan 73 Desa/Kelurahan Menuju Sadar Hukum di Lahat

Dia menekankan bahwa di era perdagangan internasional, kepemilikan sertifikat IG menjadi sangat penting.

Sejak tahun 2015, Provinsi Sumatera Selatan telah memiliki tujuh Indikasi Geografis yang terdaftar, termasuk Kopi Robusta Semendo, Kopi Robusta Empat Lawang, dan yang terbaru, Kopi Robusta Lahat.

“Pendaftaran IG ini bertujuan untuk melindungi produk lokal dari penyalahgunaan dan pemalsuan, sekaligus memperkuat identitas daerah,” tambah Dr. Ilham.

Dampak positif dari pendaftaran Indikasi Geografis ini diharapkan tidak hanya akan dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga akan memberikan dorongan yang signifikan terhadap pendapatan petani kopi di Kabupaten Lahat.

BACA JUGA: Jaring Notaris yang Berkualitas, Kemenkumham Sumsel Gelar Seleksi CAT Calon Notaris Tahun 2024

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Gandeng Universitas Kader Bangsa melalui Peresmian Klinik Kekayaan Intelektual

“Kami berharap bahwa pemerintah daerah dan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) dapat berkolaborasi dalam mengelola ekosistem Kopi Robusta Lahat. Dengan pengelolaan yang baik, diharapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan ekonomi daerah akan semakin berkembang,” ujar Dr. Ilham.

Pj. Bupati Lahat, Imam Pasli, juga menggarisbawahi pentingnya Kopi Robusta sebagai identitas Kabupaten Lahat. Dalam pidatonya, ia menyatakan bahwa kopi bukan hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga mencerminkan kekayaan alam dan budaya yang ada di daerah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: