Bemo, Simbol Transportasi Klasik yang Kini Hanya Tinggal Kenangan.

Bemo, Simbol Transportasi Klasik yang Kini Hanya Tinggal Kenangan.

Bemo, Simbol Transportasi Klasik yang Kini Hanya Tinggal Kenangan.-Foto: @ facebook_Tionghoa_Indonesia-

Daihatsu Bemo.

Midget pertama yang masuk ke Indonesia merupakan generasi pertama dengan kode MP5, varian terbaik yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1957.

BACA JUGA:Musim Balap 2025, Wajah Baru Binaan Astra Honda Tarung ke Arena Internasional

BACA JUGA:Suzuki Jimny 5-Door White Rhino Edition Resmi Diluncurkan di Indonesia, Terinspirasi dari Ketangguhan dan Keku

Daihatsu Midget menggunakan mesin bensin 2 langkah dengan kode ZA.

Mesin ini berkapasitas 250 cc berbahan bakar bensin dan mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 10 hp.

Dengan tenaga sebesar itu, Daihatsu Midget mampu menempuh jarak hingga 65 km per jam dengan kapasitas muatan 300 kg dan berat kosongnya 350 kg.

emudinya sama seperti setang pada motor biasa. Kemudian untuk kursi penumpangnya sendiri saling berhadapan satu sama lain.

Bemo yang mulanya beroperasi seperti taksi, belakangan ini dibatasi daerah operasinya di rute-rute tertentu saja dan akhirnya disingkirkan ke rute-rute khusus yang tidak disentuh oleh bus kota.

Di Jakarta, Bemo mulai disingkirkan sebagian pada 1971 disusul oleh Surabaya, Surakarta dan Malang pada tahun yang sama.

Pada 2017, Bajaj Qute RE60 telah diuji coba untuk menggantikan Bemo.

Penyebab lain bemo ditinggalkan penumpang karena dianggap sebagai sumber polusi udara.

Kemudian bemo-bemo yang rusak sulit diperbaiki sebab tidak ada yang menjual suku cadangnya.* (koer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: