Pemkab OKU Aokasikan Dana Pilkades Serentak Rp3 Miliar

Pemkab OKU Aokasikan Dana Pilkades Serentak Rp3 Miliar

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), mengalokasikan dana untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di daerah itu sebesar Rp3 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU, Ahmad Firdaus, Minggu (17/7) menjelaskan, dana yang bersumber dari APBD OKU itu dianggarkan untuk mendanai pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar di 57 desa pada Oktober 2022.

BACA JUGA:Teddy Ingatkan Panitia Pilkades Agar Netral

Adapun peruntukan dana tersebut seperti untuk membayar honor petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa, pengamanan TPS, pembuatan bilik suara, kotak suara dan surat suara serta kebutuhan lainnya.

Untuk pengaman di setiap TPS terdiri atas kepolisian sebanyak dua orang, satu anggota TNI dan dua orang Linmas yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara.

"Untuk mekanisme panyaluran dana langsung dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKU yang akan ditensfer ke rekening masing-masing desa, kemudian diteruskan ke Panitia Pilkades," jelasnya.

BACA JUGA:Gelar Apel Bersama, Cek Kesiapan Personil Pengamanan Pilkades

Firdaus menambahkan, secara umum persiapan Pilkades serentak di wilayah itu sudah hampir mencapai 100 persen, termasuk menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan di TPS guna mencegah klaster penyebaran COVID-19.

Dalam mekanisme pemilihan kepala desa nanti, kata dia, pihaknya tidak membatasi jumlah pemilih di TPS seperti yang diwacanakan sebelumnya.

BACA JUGA:Kabupaten OKU Dapat Bantuan 500 Dosis Vaksin Untuk Sapi

Hanya saja, pihaknya akan memperbanyak bilik suara di setiap TPS untuk mencegah penumpukan masyarakat yang mengantre untuk memilih calon kepala desa. "Masyarakat juga tetap wajib memakai masker selama di area tempat pemungutan suara," ujar dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: