Bangun Infrastuktur Eks Transmigrasi, Gubernur Deru Terima Penghargaan Wali Pusat Pujasuma

Bangun Infrastuktur Eks Transmigrasi, Gubernur Deru Terima Penghargaan Wali Pusat Pujasuma

Gubernur Sumsel Herman Deru foto bersama usai pelantikan pengurus Pujasuma Sumsel, Sabtu (27/08).-Palpos.id-Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID  - Gubernur Sumsel H Herman Deru, yang juga Ketua Dewan Pembina Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera (Pujasuma), melantik Ketua dan pengurus Pujasuma Sumsel Periode 2022-2027, di Griya Agung, Sabtu, 27 Agustus 2022 malam. 

Dalam pelantikan kepengurusan Pujasuma yang dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi tersebut, Gubernur Deru menerima penghargaan dari Wali Pusat Pujasuma.

Penghargaan atas jasa-jasanya dalam membangun infrastruktur di kawasan terisolir atau wilayah eks transmigrasi. Serta komitmennya dalam membangun SDM warga Pujasuma.

Dalam arahannya Gubernur Deru menyebut, Pujasama bukan organisasi yang asing bagi warga Sumsel.

BACA JUGA:Gubernur Deru Sebut Durian Muara Enim Tak Kalah dengan Durian Impor

Bahkan dari berbagai strata dan profesi masyarakat sudah sangat akrab akan keberadaan Pujasuma.

Ia mengakui selama tiga periode kepemimpinan Ketua Pujasuma Sumsel sebelumnya, Pujasuma Sumsel telah banyak memberikan andil dalan menumbuhkan ekonomi Sumsel.

Karena kondusifitas wilayah terjaga dengan baik dari perpecahan dan gesekan baik antar suku, budaya atau etnis.

‘’Provinsi Sumsel ini masyarakatnya heterogen, banyak suku, budaya dan etnis. Akan tetapi tetap kondusif. Kepada Pujasuma marilah kita jaga kepercayaan ini dengan membuat suasana yang sudah kondusif terus berlanjut,” harapnya.

BACA JUGA:Festival Danau Rayo, Gubernur Deru Konsisten Tumbuhkan Potensi Pariwisata Muratara

Dihadapan kepengurusan Pujasuma Sumsel ini, Gubernur Deru mengajak Pujasuma mendukung dan mensukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Bahkan dia menilai suksesnya program GSMP ini juga ada peran dari warga Pujasuma yang terus produktif dalam meningkatkan produk pertanian.

Yakni dengan memanfaatkan lahan yang ada disekitar rumah atau pemukiman agar lebih bermanfaat.

“GSMP sudah terbukti menurunkan angka kemiskinan. Mayoritas petani berikan kontribusi terhadap ketahanan pangan dan ekonomi yang semakin tumbuh. Saya ingin Ketua Pujasuma terus menyebarluaskan GSMP ini kepada anggota  Pujasuma yang ada di desa-desa,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Gubernur Deru Minta Penyuluh Peternakan Harus Jalankan Fungsi Advokasi

Herman Deru juga mengingatkan para pengurus yang sudah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan amanah dan penuh tanggung jawab.

“Kita tahu kepengurusan lama sudah sangat sukses, maka di periode ketiga ini lebih sukses lagi. Utamanya dalam menjaga persatuan dan kerukunan. Sebab tanpa kerukunan, kita tidak bisa membangun," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Pujasuma Provinsi Sumsel Dr H Much Baryadi SE MM, janji akan melanjutkan memimpin Pujasuma sebelumnya.

Bahkan kedepan Ia optimis Pujasuma akan menjadi organisasi yang jauh lebih baik.

BACA JUGA:Gubernur Deru Surati Menhub, Buka Penerbangan Umroh Palembang-Jeddah

“Kita akan membangkitkan ekonomi kreatif. Paguyuban ini penuh dengan nilai kegotong-royongan. Mulai besok kita segera kerja, kemandirian ekonomi. Untuk di pedesaan kita akan bantu bibit tanaman berup benih sayuran sebagai bentuk dukungan Pujasuma dalam mensukseskan program GSMP pak Gubernur,” tandasnya. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pemprov sumsel