Es Krim Apa Bisa Buat Radang Tenggorokan? Ini Jawabannya

Es Krim Apa Bisa Buat Radang Tenggorokan? Ini Jawabannya

Ilustrasi--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Radang tenggorokan atau faringitis adalah keadaan terjadinya peradangan pada bagian tenggorokan (faring). Dalam penyakit ini yang berperan dalam terjadinya masalah kesehatan atau Triad Epidemiologi dari suatu kejadian sehingga menyebabkan Radang tenggorokan adalah, Agent (sumber penyakit), Host (faktor manusia) dan Environmental (faktor lingkungan). 

Adapun faktor Agent dapat meliputi, infeksi virus dan bakteri. Faktor Host dapat meliputi, daya tahan tubuh dan alergi, ketika seseorang alergi terhadap udara yang memiliki temperatur tinggi maupun rendah dan terlebih jika orang tersebut belum beradaptasi terhadap lingkungannya. Faktor yang terakhir adalah Lingkungan yang dapat meliputi, temperatur udara yang tinggi maupun rendah dan adanya polusi udara seperti asap dan debu.

Di Indonesia radang tenggorokan ini lebih sering disebut dan dikenal sebagai panas dalam.

Lantas apakah meminum es krim dapat menyebabkan radang tenggorokan atau panas dalam? 

Sampai saat ini, belum adanya penelitian yang menjelaskan bahwa meminum es krim dapat menyebabkan terjadinya radang tenggorokan hanya saja jika tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, justru menurut dr. Farhan Zubedi @farhanzubedi menjelaskan bahwa dalam keadaan radang tenggorokan mengkonsumsi sesuatu yang dingin dapat meredakan rasa panas di dalam tenggorokan.

Lalu, bagaimanakah cara menjaga kedayatahanan tubuh agar dapat terhindar dari penyakit radang tenggorokan atau panas dalam ini?

Dikutip dari dr. Ekida Rehan Firmansyah @ekidarehanf adapun tips untuk menjaga daya tahan tubuh agar dapat menghindar dari terjadinya radang tenggorokan adalah sebagai berikut:

1. Tidur yang cukup dengan rentang waktu selama 7 hingga 8 jam sesuai usia

2. Olahraga yang cukup dengan waktu minimal 30 menit/hari selama 5x dalam seminggu dan sesuai dengan kemampuan

3. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan mengutamakan kandungan gizi didalamnya yaitu, protein, vitamin dan mineral

4. Ditambah dengan mengkonsumsi suplemen probiotik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan + Vitamin D3 untuk membantu pertahanan sistem imun manusia, karena menurut penelitian yang telah dilakukan 70% sistem imun manusia berada didalam saluran pencernaan sehingga semakin baik saluran pencernaan manusia maka semakin tinggi pula sistem imunitasnya dan mengkonsumsi Vitamin D dapat memperbaiki daya tahan tubuh pada manusia. 

Jadi, itulah penjelasan bahkan tips sehat yang telah diberikan oleh para dokter kepada kita. Upaya yang dapat kita lakukan untuk menghindari penyakit radang tenggorokan atau panas dalam ini adalah dengan menjaga daya tahan atau imunitas pada tubuh.

#StaySafe&HealthyEveryone

Salam Hangat ^_^

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: