BSB Syariah Bidik KUR-Kredit Pemilikan Rumah Subsidi

BSB Syariah Bidik KUR-Kredit Pemilikan Rumah Subsidi

PJ Sekda Muara Enim Riswandar didampingi Pimpinan BSB Syariah Cabang Muara Enim Mgs M Mardian (baju batik), menyerahkan tumpeng kepada nasabah BSB Syariah.-Foto: Febi-PALPOS.ID

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Bank Sumsel Babel atau BSB Syariah Cabang Muara Enim pada tahun 2023, akan fokus pada bisnis Kredit Usaha Rakyat atau KUR dan FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan untuk rumah subsidi.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan BSB Syariah Cabang Muara Enim Mgs M Mardian didampingi Pimpinan BSB Cabang Muara Enim Benny Maryanto (Bento) di sela-sela kegiatan Milad Bank Sumsel Babel Syariah yang ke-17 Tahun di Kantor BSB Syariah Cabang Muara Enim, Senin 2 Januari 2023.

Menurut Mardian, untuk laba bersih Bank Syariah Babel Muara Enim pada tahun 2022 sebesar Rp 4 miliar, hal ini lebih besar bila dibandingkan tahun sebelumnya Rp 3,5 miliar atau meningkat sekitar 10 persen. 

BACA JUGA:Pelariannya Berakhir, Prung Memulai Tahun 2023 Dari Balik Jeruji

Begitupun untuk dana pihak ketiga (Simpanan) Rp 70 miliar, Pembiayaan Rp 113 miliar dan Aset Rp 112 miliar meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2021 yakni dana pihak ketiga (Simpanan) Rp 65 miliar, Pembiayaan Rp 98 miliar dan Aset Rp 100 miliar.

Kenaikan laba disebabkan oleh ekspansi pembiayaan baik di sektor riil maupun di pembiayaan konsumtif. “Untuk target laba belum diputuskan namun diperkirakan sekitar 15 persen kenaikannya,” ujarnya.

BACA JUGA:15 Orang Warga Terima Bantuan Alkes dari Dinsos Empat Lawang, Berikut Nama-namanya..

Ada dua jenis tabungan di BSB Syariah yakni tabungan Kaffa dan tabungan Rofiqoh. Kalau Tabungan Kaffa hampir mirip dengan tabungan Pesirah, tapi kalau tabungan Rofiqoh adalah tabungan tanpa biaya administrasi dan tanpa bagi hasil. Jadi uang nasabah statis tidak bertambah maupun berkurang selama ditabungan. 

Keuntungannya tentu lebih aman bila disimpan saja dirumah seperti akibat pencurian, kebakaran dan sebagainya.

“Sedangkan untuk Pinjaman ada empat macam yakni Multi Guna, KUR, FLPP, Haji dan Pemilikan Emas,” ujar Mardian.

BACA JUGA:Lomba Dangdut Antar OPD di HUT Pemkab OI, Juri Dari Peserta Dangdut Nasional

Dijelaskan Mardian, bahwa secara gamblang kalau pinjaman Multi Guna adalah pinjaman bagi karyawan yang lembaga atau perusahaannya yang telah melakukan MoU dengan BSB Syariah. 

Kemudian, KUR (Kredit Usaha Rakyat) diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin menambah modal usaha dengan subsidi bunga 6 persen dari Pemerintah. 

Syaratnya mudah seperti Surat Identitas Diri dan surat keterangan usaha, dengan plafon pinjaman Rp 10 juta-Rp 500 juta tergantung penilaian dari tim survei dilapangan. Lalu, ada juga Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan tetap baik pemerintah maupun swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpos.id