Angka Pengangguran Tahun 2022 Mengalami Penurunan Mencapai 5,29 Persen, Ini Upaya Pemkab Muratara

Angka Pengangguran Tahun 2022 Mengalami Penurunan Mencapai 5,29 Persen, Ini Upaya Pemkab Muratara

Ari Budi Setiawan.Foto:Alam/Palpos.Id--

MURATARA, PALPOS.ID -Angka pengangguran di Kabupaten MURATARA setiap tahun mengalami penurunan,  karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik atau BPS Musi Rawas ditahun 2020 Angka pengangguran mencapai 6,88 persen dari angka penduduk usia kerja. Namun ditahun 2021 mengalami penurunan mencapai 6,72 persen.

Sedangkan untuk tahun 2022 Angka pengangguran mengalami penurunan secara signifikan mencapai 5,29 persen. "Ya, ditahun 2022 mengalami penurunan secara signifikan dan tahun ini kita akan berupaya untuk menstabilkan Angka pengangguran supaya terus berukurang,"ungkap Kepala Bappeda MURATARA Amrullah melalui Sekretaris Ari Budi Setiawan. Minggu (8/1).

Menurutnya tingginya Angka pengangguran ditahun 2020 itu merupakan dampak dari pandemi Covid-19 karena saat itu banyak orang yang di PHK atau dirumahkan.

Dimana dari dampak pandemik tersebut sangat memukul bagi pemerintah dalam menekan Angka pengangguran. "Pastinya dengan banyak orang yang Di PHK itu akan menambah Angka pengangguran,"katanya.

BACA JUGA:Ternyata Ada BSU Dari Pemerintah yang Nominalnya Lebih Besar, Begini Cara Dapatnya!

Ia menjelaskan upaya yang dilakukan oleh Pemkab Muratara ada tiga rogram yang akan digalakan yaitu perguliran dana dan juga guru ngaji yang memiliki intensif, bantuan ternak kambing melalui dana desa dan APBD.

Selain itu,  lanjutnya peningkatan investasi,  peningkatan skill atau keahlian seperti pelatihan atau Bimtek keahlian. Bantuan  Peralatan berusaha kondusifitas perusahaan terus diupayakan agar angka pengangguran tidak meningkat.

Salah satu bentuk lain, masih kata Ari menekan perusahaan yang berinvestasi di Muratara untuk merekrut tenaga lokal sesuai dengan pendidikan atau keahliannya.

BACA JUGA:Mobil Calya yang Tabrak Pos Polisi di Jalan Veteran Gunakan Nopol Palsu

"Dengan begitu tentunya bisa mengurangi angka pengangguran di wiayah Kabupaten Muratara,"pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: