Desa Karang Dapo Kabupaten OKU Wakili Sumsel jadi Desa Percontohan Anti Korupsi...

Desa Karang Dapo Kabupaten OKU Wakili Sumsel jadi Desa Percontohan Anti Korupsi...

KPK RI melakukan observasi di Desa Karang Dapo Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU sebagai Desa Anti Korupsi, Kamis 02 Februari 2023.-Palpos.id-

"Kita baru observasi. Dan kemudian dari tiga desa ini nanti dilakukan penilaian. Penilaiannya akan dilakukan akhir tahun 2023 nanti. 

Setelah itu akan ditetapkan satu desa sebagai Desa Anti Korupsi untuk pertama kali di Provinsi Sumatera Selatan," ujar Friesmount, Kamis 02 Februari 2023.

BACA JUGA:Herman Deru Dukung Program KPK, Pemprov dan Kajati Sumsel Sinergi Berantas Praktik Korupsi

BACA JUGA:DPP IMM Desak BPK dan KPK Selidiki Dugaan ‘Jin Qorin’ di Kemendikbudristek

Sedangkan Kepala Desa atau Kades Karang Dapo Martinawati mengaku dirinya tak menyangka jika Inspektorat Provinsi Sumsel menunjuk desanya sebagai desa percontohan. 

Pada bulan Agustus 2022 lalu, kata Martina, Pemkab OKU mengajukan beberapa desa di OKU untuk diajukan sebagai desa percontohan.

Dan akhirnya Desa Karang Dapo masuk nominasi mewakili Sumatera Selatan bersama tiga desa lainnya dari kabupaten lain.

"Ada beberapa desa pada waktu itu diajukan ikut penilaian. Dan kemudian muncul Desa Karang Dapo masuk nominasi dan hari ini observasinya," ujar Martina.

BACA JUGA:Hakim Agung Terjaring OTT KPK Yaitu Sudrajad Dimyati

BACA JUGA:KPK Sempat Anulir Info OTT Hakim Agung

Dikatakan Martina, pihaknya langsung melakukan beberapa persiapan setelah terpilih sebagai nominasi Desa Anti Korupsi.

Termasuk menyiapkan segala sesuatu untuk memenuhi lima indikator dan delapan belas sub indikator Desa Anti Korupsi yang ditetapkan oleh KPK.

"Ada lima indikator harus dipenuhi sesuai yang ditetapkan KPK RI. Dari lima indikator tersebut mencakup delapan belas sub indikator. Alhamdulilah semuanya sudah ada di Desa Karang Dapo," jelas Martina.

Semua dokomen-dokumen di Desa Karang Dapo terdokumentasi dengan baik. Makanya tahun 2021, Desa Karang Dapo menjadi Desa Cantik (cinta statistik). 

BACA JUGA:OTT Hakim Agung Oleh KPK, Melibatkan Orang Jakarta dan Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: