Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau Sumbang Inflasi Sebesar 1.30 Persen di Provinsi Sumatera Selatan

Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau Sumbang Inflasi Sebesar 1.30 Persen di Provinsi Sumatera Selatan

Inflasi Sumsel leboh tinggi dari Nasional, dan beberapa makanan, minuman serta tembakau sebagai penyumbang inflasi tersebut.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Wah! Ada Bansos BLT Kemiskinan Ekstrem 2023 Rp300 Ribu Per Bulan, Penerimanya Masyarakat Kategori Ini...

Selanjutnya, Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Selatan terus memperkuat koordinasi mengawal inflasi.

Antara lain koordinasi bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan untuk analisis root cause dan penguatan pengendalian inflasi, mengadakan pasar murah bekerja sama dengan Pemda dan Bulog.

Kemudian, meningkatkan koordinasi dan program kerja zonasi TPID kota sampel inflasi, serta terus memperkuat koordinasi implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 

"Selain itu, dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk mengawal risiko kenaikan administered price dengan memperhatikan timing dan besaran kenaikan tarif PDAM," ungkapnya.

BACA JUGA:Asyik! Pemilik KIS BPJS Kesehatan PBI Bisa Dapat 6 Bansos 2023, Mulai PKH hingga Penyandang Disabilitas

BACA JUGA:Ingat! Penerima Bansos PKH 2023 Harus Lengkapi Syarat Ini, Pasti Cair Rp600 Ribu...

Berdasarkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Januari 2023 lalu, BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) diputuskan untuk naik sebesar 25 bps menjadi 5,75 persen.

Keputusan kenaikan suku bunga ini merupakan langkah lanjutan untuk memastikan terus berlanjutnya penurunan ekspektasi inflasi ke depan. 

Selain itu, Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan mitra strategis. 

Kemudian, sinergi kebijakan antara BI dengan Pemerintah dan dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) terus diperkuat, untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sektor keuangan. 

BACA JUGA:Hukum Rayakan Hari Valentine Dalam Islam Haram ? Simak Penjelasannya...

BACA JUGA:Wow! Puluhan Ribu Penerima Bansos 2023 di Provinsi Sumatera Selatan Dihapus, Ini Alasannya...

"Selain itu juga mendorong kredit atau pembiayaan kepada dunia usaha, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan ekspor, serta meningkatkan ekonomi dan keuangan inklusif dan hijau," tutupnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas bi sumsel