Alhamdulillah, Selama Ramadhan Penumpang Boleh Berbuka di Dalam LRT, Ini Syaratnya...

Alhamdulillah, Selama Ramadhan Penumpang Boleh Berbuka di Dalam LRT, Ini Syaratnya...

Menyemarakkan Ulang Tahun Palembang ke-1340, Pemkot Palembang menggratiskan Light Rail Transit (LRT) pada 17 Juni 2023.-koer/palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID – Selama bulan Ramadhan 1444 H PT Kereta Api (KAI) Drive III Palembang perbolehkan penumpang untuk makan dan minum di dalam Light Rail Transit (LRT) ketika jam berbuka.

Manager Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menyampaikan jika LRT Sumsel telah memberikan aturan khusus bagi penumpang LRT di waktu berbuka puasa para penumpang diperbolehkan untuk makan dan minum.

“Jadi untuk penumpang khususnya umat muslim selama bulan Ramadhan diperbolehkan makan dan minum pada saat waktu berbuka puasa, tapi hanya boleh makanan ringan seperti snack ataupun minuman botol,” ujarnya, Kamis (23/3).

BACA JUGA:Surga Takjil di Palembang, Pasar Bedug di Kawasan Ini Ramai Pembeli...

Oleh karena itu Aida menuturkan, jika hal ini dilakukan sebagai bentuk toleransi untuk menghormati penumpang yang menjalani ibadah puasa.

“Kalau selama ini kan LRT melarang penumpang untuk membawa makanan dan minuman, tetapi itu demi kenyamanan penumpang itu sendiri,” tuturnya.

Aida mengatakan, jika nantinya petugas di dalam LRT akan mengingatkan penumpang apabila waktu berbuka telah tiba dan juga tetap meminta penumpang untuk memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan di dalam LRT.

BACA JUGA:Pemkot Sidak Jelang Ramadhan, Pedagang Malah Keluhkan Ini...

“Tentu hal itu dilakukan demi kesehatan dan kenyamanan bersama, serta tetap menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah di dalam LRT dan tertib selama waktu berbuka sehingga tidak mengurangi kenyamanan bagi penumpang itu sendiri,” katanya.

Diketahui, jam operasional LRT Sumsel selama bulan Ramadhan tetap seperti biasa yakni 94 perjalanan dimulai pukul 05.06 – 20.43 dan jarak antarstasiun (headway) 17 menit.

“Mengingat, perjalanan terakhir LRT pukul 19.01 WIB dari stasiun DJKA dan pukul 19.55 WIB dari stasiun bandara,” imbuhnya.

BACA JUGA:Tertibkan Keamanan Selama Ramadhan, Pemkot Gelar Apel Kamtibmas

Aida mengungkapkan jika penumpang periode 1 Januari sampai 21 Maret Tahun 2023 ini mengalami peningkatan dengan rata-rata harian 9.899 orang per hari dan okupansi rata-rata 59 persen, sehingga total penumpang 793.105 orang. 

”Jumlah penumpang pada periode 1 Januari – 21 Maret 2023 mengalami peningkatan jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata harian saat itu 6.791 per hari dan komulatif penumpang sebanyak 536.469 orang,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: