Wacana Bentuk Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Namanya Provinsi Pakuan Bhagasasi

Wacana Bentuk Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Namanya Provinsi Pakuan Bhagasasi

Rencana pembentukan Provinsi daerah otonomi baru pemekaran Provinsi Jawa Barat, yakni Provinsi Pakuan Bhagasasi, serta terpisah dari Provinsi Bogor Raya, dan Provinsi Cirebon.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANDUNG, PALPOS.ID – Maraknya wacana pemekaran provinsi di Indonesia, membuat beberapa daerah bersatu membentuk provinsi daerah otonomi baru.

Diam-diam, ada juga usulan bentuk provinsi baru selain wacana Provinsi Bogor Raya dan Provinsi Cirebon. Nama daerah otonomi baru itu Provinsi Pakuan Bhagasasi.

Hal ini merupakan wacana bentuk provinsi daerah otonomi baru pemekaran Provinsi Jawa Barat. Ide pembentukan Provinsi Pakuan Bhagasasi muncul dari Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Dimana, Rahmat Effendi mengaku lebih pas bentuk Provinsi Pakuan Bhagasasi daripada Provinsi Bogor Raya. Lho kenapa seperti itu Pak Walikota?

BACA JUGA:Usul Bentuk 2 Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Termasuk Bentuk Provinsi Bogor Raya

BACA JUGA:2 Kabupaten Batal Bergabung Provinsi Sulawesi Timur Pemekaran Provinsi Sulawesi Tengah, Ini Alasannya...

Tentu ada alasannya bagi Rahmat Effendi. Diketahui pembentukan Provinsi Bogor Raya digagas Bupati Bogor Ade Yasin sebelum dipenjara, serta Walikota Bogor Bima Arya.

Dimana, wilayah Provinsi Bogor itu mencakup 8 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat. Yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi.

Kemudian, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok. Akan tetapi, Walikota Bekasi Rahmat Effendi punya gagasan lain.

Dimana, dirinya menyatakan bahwa Bekasi itu lebih tua dari Bogor, karena Bekasi berdiri pada tahun 450 masehi. Dari sejarah, Pakuan itu dulunya kerajaan.

BACA JUGA:18 Kecamatan Siap Bentuk Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:5 Calon Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Termasuk Kabupaten Padang Lawas

Sedangkan Bhagasasi merupakan nama Bekasi dulunya. Kemudian, Padjajaran pusatnya di Bogor, sementara di Bekasi ada Raja Purnawarna atau Kerajaan Tarumanegara.

‘’Jadi kalau mau bentuk provinsi, ya Provinsi Pakuan Bhagasasi atau Pakuan Raya,” ungkap Rahmat Effendi saat paripurna HUT RI ke 74 tahun 2022 yang lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: