Nusa Tenggara Wacanakan Bentuk 3 Provinsi Daerah Otonomi Baru, Diantaranya Provinsi Kepulauan Flores...

Nusa Tenggara Wacanakan Bentuk 3 Provinsi Daerah Otonomi Baru, Diantaranya Provinsi Kepulauan Flores...

Kepulauan Nusa Tenggara yang saat ini memiliki Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat bakal bentuk 3 provinsi daerah otonomi baru yaitu Provinsi Kepulauan Flores, Provinsi Sumba, dan Provinsi Pulau Sumbawa.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo Wacanakan Bentuk Kota dan 2 Kabupaten Daerah Otonomi Baru...

Dimana, wilayah Provinsi Bogor itu mencakup 8 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat. Yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi.

Kemudian, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok. Akan tetapi, Walikota Bekasi Rahmat Effendi punya gagasan lain.

Dimana, dirinya menyatakan bahwa Bekasi itu lebih tua dari Bogor, karena Bekasi berdiri pada tahun 450 masehi. Dari sejarah, Pakuan itu dulunya kerajaan.

Sedangkan Bhagasasi merupakan nama Bekasi dulunya. Kemudian, Padjajaran pusatnya di Bogor, sementara di Bekasi ada Raja Purnawarna atau Kerajaan Tarumanegara.

BACA JUGA:Inilah 5 Calon Kabupaten dan Kota Daerah Otonomi Baru Pemekaran Wilayah Provinsi Gorontalo

BACA JUGA:15 Tahun Perjuangan Bentuk 2 Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Barat

‘’Jadi kalau mau bentuk provinsi, ya Provinsi Pakuan Bhagasasi atau Pakuan Raya,” ungkap Rahmat Effendi saat paripurna HUT RI ke 74 tahun 2022 yang lalu.

Selanjutnya, untuk pendirian Provinsi Pakuan Bhagasasi sendiri sudah ada lima kabupaten dan kota siap bergabung. Dan tanpa melibatkan Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

Adapun kelima kabupaten dan kota itu, yaikni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Cianjur. 

Dengan rencana ibukota Provinsi Pakuan Bhagasasi berada di Kota Bekasi. ‘’Kita sesuaikan sejarah saja,” tambah Rahmat Effendi.

BACA JUGA:Usul Bentuk 2 Kabupaten Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah...

BACA JUGA:Top! Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah Wacanakan Bentuk 4 Kabupaten dan Kota Daerah Otonomi Baru...

Dengan usulan pembentukan Provinsi Pakuan Bhagasasi ini, artinya Provinsi Jawa Barat wacanakan bentuk tiga provinsi baru, yakni Provinsi Bogor Raya, Provinsi Cirebon, dan Provinsi Pakuan Bhagasasi. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: