UPDATE ! 2 Calon Kabupaten Baru di Sumsel Pemekaran Muaraenim, Tinggal Beberapa Langkah

UPDATE ! 2 Calon Kabupaten Baru di Sumsel Pemekaran Muaraenim, Tinggal Beberapa Langkah

Kabupaten Gelumbang di Muara Enim: Pemekaran dan Tantangan Menuju Daerah Otonomi Baru di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Foto : Tangkapan layar Youtube @lytonet

Melihat luas wilayah dan kondisi geografis, masyarakat Muaraenim kembali membentuk dua daerah otonomi baru (DOB).

BACA JUGA:Wacanakan 2 Kabupaten Daerah Otonomi Baru di Provinsi Sulawesi Selatan, Termasuk Persiapan Pemekaran Provinsi

2 DOB tersebut yakni Kabupaten Gelumbang dan Kabupaten Rambang Lubai Lematang (RL2).

Untuk DOB Kabupaten Gelumbang, gubernur dan DPRD Sumsel sudah menyetujui pembentukan pemekaran Kabupaten Gelumbang sejak tahun 2018 yang silam. 

“Setelah melakukan pembahasan berdasarkan UU NO 3/2014, maka komisi I DPRD sumsel menyimpulkan rencana pemekaran kabupaten gelumbang layak mendapat persetujuan dari DPRD Sumsel,’’ kata juru bicara komisi I DPRD Sumsel kala itu, Aslam Mahroom.

Direncakanan wilayah administratif Kabupaten Gelumbang terdiri atas 6 kecamatan dengan ibukota kabupaten di Gelumbang.

Ke-6 kecamatan yang bergabung meliputi : Gelumbang, Sungai Rotan, Lembak, Kelekar, Muara Belida,dan Belida Darat.

Jumlah wilayah administratif bakal bertambah dengan diusulkannya lagi 2 kecamatan  baru hasil pemekaran Sungai Rotan dan Lembak.

Dilansir dari berbagai sumber, Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang menyebut usulan pemekaran Kabupaten Gelumbang sudah masuk di Dirjen Otonomi Daerah (Otoda) Kemendagri RI. 

Berarti tinggal beberapa langkah lagi Kabupaten Gelumbang terealisasi, yakni menunggu kran moratorium dicabut pemerintah pusat.  

Jika Calon Kabupaten Gelumbang disahkan menjadi DOB pada tahun 2023 ini, diharapkan wilayah  Gelumbang lebih maju lagi dalam peningkatan pelayanan, pemerataan pembangunan, serta tingkat kesejahteraan masyarakat. 

Sementara calon Kabupaten Rambang Lubai Lematang (R2L) sudah mendapat restu Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Restu orang nomor 1 di Sumsel tersebut dikemukakan dalam acara Silaturahmi Akbar di Balai Rakyat Kantor Camat Rambang Kabupaten Muara Enim.

 Herman Deru disambut langsung oleh ketua Presidium RDOB RL2, Usman Firiansyah dan pengurus Presidium  serta masyarakat 6 kecamatan yang meliputi : Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Belimbing, Lubai, Lubai Ulu, dan Rambang. 

Ketua Presidium Rencana Daerah Otonomi Baru (RDOB)  RL2 yang juga sebagai tokoh masyarakat menyambut baik  hadirnya Gubernur Sumsel dalam silaturahmi akbar di tanah  RL2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: