Usul Kota Batam Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Kepulauan Riau Untuk Saingi Singapura dan Malaysia

Usul Kota Batam Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Kepulauan Riau Untuk Saingi Singapura dan Malaysia

Pemekaran Wilayah Kepulauan Riau: Daerah Otonomi Baru Provinsi Batam Dijuluki Kota Industri.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Wilayah IKN Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur 3 Kali Luas Singapura, 65 Persen Wilayah Tetap Hutan Tropis

Kemudian, pembentukan daerah otonomi baru juga harus ada pertujuan DPRD Kota Batam dan DPRD Provinsi Kepulauan Riau sebelum diajukan ke Presiden.

Untuk itu ada juga usulan pembentukan kabupaten dan atau kota di Batam menjadi lima daerah otonomi baru untuk pembentukan provinsi baru itu.

Adapun rencana pembentukan 3 kota dan 2 kabupaten pemekaran Kota Batam tersebut, yakni sebagai berikut:

1.Kota Batam Selatan

Kota Batam Selatan pemekaran Kota Batam akan diisi tiga kecamatan yakni Kecamatan Segulung, Kecamatan Sei Beduk dan Kecamatan Batu Aji.

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kaltim Penyangga IKN Nusantara...

BACA JUGA:2 Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur Bentuk Provinsi Baru untuk Penyangga IKN Nusantara, Ini Rencananya...

2.Kota Batam Barat

Untuk Kota Batam Barat pemekaran Kota Batam ada tiga kecamatan bergabung yaitu Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Nongsa, dan Kecamatan Bengkong.

3.Kota Batam Timur

Usulan bentuk Kota Batam Timur pemekaran Kota Batam terdiri tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sekupang, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Lubuk Baja.

4.Kabupaten Batam Kepulauan

Selanjutnya Kabupaten Batam Kepulauan pemekaran Kota Batam dengan dua kecamatan bergabung, yakni Kecamatan Belakang Padang dan Kecamatan Bulang.

5.Kabupaten Gelang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: